Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Wednesday, January 22, 2020

M. Fikar Dt Rajo Magek Bangkitkan Adat di Tengah Kehidupan Bermasyarakat dan Nagari

MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Dengan bergabungnnya M. Fikar Dt Rajo Magek di jajaran kepengurusan DPD LPM Kota Padang, Bidang pemberdyaan Agama, seni dan Budaya, sesuai sengan bidang keahliannya, maka kedepan agama, budaya dan seni anak nagari akan kembali digairahkan. Hal ini disampaikan M. Fikar Saat dijumpai www.mediwawasan.com  ketika pelantikan pengurus LPM Padang, Rabu (21/1/2020).

M. Fikar Dt Rajo Magek mengatakan, sesuai dengan bidang yang saya emban, kita harus bisa mengembalikan dan menjaga tradisi warisan nilai- nilai luhur budaya Minangkabau pada masyarakat dan gernerasi penerus kita di era globalisasi dan milenial saat ini, paparnya.

"Dikatakan di era globalisasi dan zaman milenial saat ini, peradaban kebudayaan dan nilai - nilai luhur kian memudar. Sikap serta norma - norma dalam kehidupan bermasyarakat semakin terkesampingkan. Sudah kurangnya raso jo pareso di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, hal itu terlihat dengan banyaknya prilaku masyarakat yang semakin masa bodo, tak peduli, acuh dengan sesama, sikap siapa loe siapa gue dalam bermasyarakat.

"Saat ini kita juga sudah jarang menemukan bahasa adat yang begitu kental dengan makna yang tersirat begitu dalam di setiap kata dalam ungkapannya, yakni bahasa pepatah – petitih yang sangat dikenal bagi orang Minang", imbuhnya.

Selain itu, tambahnya kedepan kita akan hidupkan juga kesenian anak nagari, seperti randai, silek dan budaya yang lainnya. Sesuai dengan falsafah kita orang minang, adaik basandi sara', sara basandi kitabullah. Maka, seiring sejalan antara adat, budaya dan agama mesti kita tanamkan pada anak generasi kita, paparnya.

Dan yang sangat fundamental dalam kehidupan sosial, ekonomi, budaya hingga beragama di Minangkabau. Setiap hal yang diterima, ilmu yang dipelajari, meskipun itu sangat sederhana dan kecil harus bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Kemudian "Alam Takambang Jadi Guru"
adalah hasil dari merenung dan mengkaji alam semesta cipataan Tuhan. Darinya kemudian lahir bulir-bulir hikmah yang digunakan dalam menopang kehidupan sosial di Minangkabau, ulasnya lagi.

Kedepan DPD LPM Kota Padang dirinya siap koordinasi bersama LKAM, Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata juga melalui persatuan urang sumando, persatuan niniak mamak adat, organisasi - organisasi kemasyarakatan yang ada di setiap kecamatan. 

#Rie

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas