Breaking News

Wabup : Kita Masih Kekurangan Peralatan dan Personil

MWawasan, Sarolangun  (JAMBI)~ Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, di Kabupaten Sarolangun sudah terbentuk dan terpisah dari Badan Penanggulangan Bencana dan Satpol PP. Namun, meski berdiri sendiri, saat ini dinas pemadam kebakaran masih banyak yang harus dilengkapi.

Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri mengatakan bahwa saat ini masih kekurangan peralatan dan personil di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Katanya, untuk peralatan damkar seperti armada kebakaran seyogyanya satu kecamatan ada satu armadanya.

"Kabupaten kita pemadam kebakaran sarolangun sudah mandiri, sesuai keputusan kemendagri, sarolangun sudah menjadi dinas sendiri. Kalau kita melihat kurangnya peralatan, kemudian dari sisi personil juga mengalami kekurangan," kata Hilal, usai menghadiri peringatan satu abad pemadam kebakaran, Senin (25/03) kemarin didampingi kadis damkar Henriman.

Maka kedepan, kata Wabup, dua hal tersebut harus ditingkatkan sebagaimana sepatutnya pada dinas pemadam kebakaran yang sejak 1 Januari 2017 sudah terpisah.

"Namanya dinas baru tentu masih ada kekurangan dan kedepan secara perlahan akan kita penuhi sesuai standar yang ada. seyogyanya setiap kecamatan ada armada kebakaran," katanya.

Selain itu, khusu di daerah yang tidak bisa dijangkau kendaraan pemadam kebakaran, seharusnya harus ada pompa terapung, yang bisa melalui jalur sungai seperti di Kecamatan Batang Asai, sangat cocok memiliki pompa terapung tersebut.

"Kita gunakan pompa apung sepeeti batang asai, kita bawa pompa apung, dan dialurkan lewat subgai, perlu kedepan kita upayakan untuk dilengkapi," katanya.

"Saya harap jajaran pemadam kebakaran dapat meningkatkan sdmnya supaya lebih menguasai dan memahami tugas dan tanggung jawab masing masing, kalau sudah tahu tupoksinya insa allah akan berjalan dengan baik," kata dia menambahkan.



#iksan

No comments