Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, December 13, 2018

Dinas TPHP Dapat Bantuan Pusat 123 Alsintan


MWawasan, Sarolangun Dinas Tanaman Pangan, Hultikultura dan Perkebunan, (TPHP) Kabupaten Sarolangun, pada tahun 2018 ini mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebelum masa tanam.

Sekretaris Dinas TPHP Ir Jaskal Satri, Selas (11/12) kemarin mengatakan bantuan alsintan tersebut  didapatkan dari bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian untuk peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Sarolangun.

"Ada, dari pemerintah pusat. Hanya saja saya tidak tahu jumlahnya berapa," katanya.

Sementara itu, Kabid Sarpras Diswal M Putra, SP, mengatakan bahwa bantuan tersebut sudah diterima oleh Dinas TPHP sebanyak 123 unit, yang terdiri dari Sprayer, Cultivator, alat bajak, pompa air, handtractor, alat tanam jagung, tractor, dan hidrotiner.

"Alsintan ada 12 jenis yang diterima dari Bantuan APBN. Yakni Sprayer pusat 40 unit, sprayer APBN P 30 unit, Kultivator 10 unit APBN pusat dan 2 dari APBN P," katanya.

Lalu, katanya ada 2 alat bajak, pompa air, handtractor roda dua 16 unit dan untuk rawa 4 unit, tractor roda empat 2 unit, alat tanam jagung ada 16 unit, tractor roda dua 3 unit dan hidrotiner ada 2 unit. "Semuanya ada 123 unit, kita terima dalam bentuk barang, dari dana APBN pusat," katanya.

Bantuan alsintan tersebut, katanya diserahkan kepada para kelompok tani di tiap kecamatan yang membutuhkan alsintan tersebut. Kemudian juga ada diserahkan kepada Brigade Alsintan yang berada dibawah Dinas TPHP Sarolangun.

"Penyaluran ke kelompok tani dan brigade ada traktor roda empat dan alat tanam jagung, bisa di pinjam oleh petani. per kecamatan, yang ada sawahnya," katanya.

Dengan adanya bantuan alsintan ini, katanya diharapkan agar para petani bisa meningkatkan hasil produksi pertanian dengan menerapkan pola tanam dua hingga tiga kali tanam dalam setahun, untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Sarolangun.

Selain itu, di bidang huktikulutura, khususnya sayuran, dengan adanya bantuan alsintan ini juga diharapkan kedepan pasokan sayur di sarolangun bisa meningkat sehingga sayuran tidak lagi datang dari luar daerah.

"Kita harapkan pekerjaan petani lebih mudah dan meningkatkan produksi, dalam setahun bisa dua atau tiga kali setahun dengan adanya bantuan alsintan ini, bisa swasembada pangan, karena selain sawah ini juga untuk alsintan hultikultura," katanya.


#Iksan

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas