Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Tuesday, November 6, 2018

Bertekad Majukan Desa, Bayu : Mindset Masyarakat Harus Berubah


MWawasan, Sarolangun~ Kades Lubuk Bedorong Kecamatan Limun, Bayu Yustino, bertekad akan memajukan desa kedepannya, di masa kepemimpinannya memimpin desa enam tahun mendatang.

Namun, katanya untuk memajukan desa, masyarakat harus merubah mindset (pola pikir) ke arah yang lebih maju kedepan."Untuk memajukan desa, mindset masyarakat harus berubah ke arah yang lebih maju, tanpa itu tidak akan bisa," kata Bayu, Selasa (06/11).

Apalagi, Desa Lubuk Bedorong merupakan salah satu desa di wilayah eks marga bukit bulan, yang merupakan salah satu desa yang jauh dari ibu kota Sarolangun. Sehingga untuk bisa lebih maju kedepan, masyarakat harus berpikir produktif, yang bisa meningkatkan ekonomi.

"Kita harap masyarakat berubah mindset pola pikir, yang kebih ke depan jangan hanya fokus ke karet saja, karena kita tahu harga karet sudah lama turun, kemudian jangan nambang emas, Mindset kayak itu harus dirubah, tapi bisa mencipatkan sesuatu yang bisa menghasilkan, menjadi nilai tawar bagi desa kita, dan desa kita akan maju," kata Kades yang baru menjabat ini.

Apalagi saat ini, katanya, Desa Lubuk Bedorong saat ini sudah terang benderang setelah masuknya listrik PLN, dan juga jaringan telekomunikasi juga sudah masuk ke desa, sehingga bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi.
Selain itu, katanya, ke depan dirinya bertekad akan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program Dana Desa dan Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), yang selama ini dinilai belum maksimal.

Salah satunya,  memberdayakan masyarakat untuk mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sesuai dengan potensi yang ada di desa, salah satunya di bidang pertanian dan perikanan, seperti kopi, tanaman pisang, cabe, serta kolam ikan.

"Pemberdayaan masyarakat kedepan akan kita maksimalkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, merubah dari hal kecil, contohnya kelompok tani di desa di kelola dengan baik melalui BUMDes. Dan bisa berkelanjutan karena yang selama ini tidak efektif, karena hanya memberikan bibit 10 batang per orang ke masyarakat. Kalau perlu kita buat sistim MoU dengan Pemerintah Desa," katanya.

Di bidang sosial, dirinya juga akan mengaktifkan lembaga adat desa, karena di Desa Lubuk Bedorong, Adat merupakan sebagai tumpuan masyarakat dalam memecahkan masalah dan mencarikan solusi.

Begitu juga di bidang infrastruktur, pemerintah desa juga akan membangun beronjong yang masih ada beberap titik, yang masih darurat saat ini. Serta dalam waktu jangka panjang akan dilakukan pengembangan wilayah di desa tersebut, karena saat ini kondisi perumahan masyarakat di desa sudah semakin sempit.

"Kedepan akan kita buat wifi kantor desa, supaya lebih menunjang kinerja pemerintahan desa kedepan. Kita harapkan masyarakat bisa lebih produktif kedepan," katanya.


#iksan

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang diSemoga Anda Puas