Breaking

Tuesday, October 24, 2017

Wabup Sijunjung Arrival Boy Hadiri "Tradisi Bakawua Adat" Nagari Sijunjung


MWawasan, Sijunjung~ Untuk menyampaikan rasa syukur setelah melaksanakan panen padi masyarakat Minangkabau sering melaksanakan acara tahunan "tradisi bakawua adat" yang dilaksanakan ditabek Jorong Padangranah Nagari Sijunjung, Senin, 23 Oktober 2017.

Acara tersebut dihadiri anggota DPRD bapak Syofian Hendri, Kepala OPD, Camat Sijunjung bapak Khalfian, Forkopimcam, Wali Nagari Sijunjung bapak Effendi, SE, niniak mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang serta dihadiri oleh bapak H. Arrival Boy, SH selaku Wakil Bupati Sijunjung.

Wabup bapak Arrival Boy menyampaikan harapan terhahadap niniak mamak, tokoh masyarakat dan pemerintah nagari serta kepada seluruh masyarakat agar bisa bekerja sama dalam membangun Nagari Sijunjung agar terciptanya nagari yang damai, nyaman serta menjadi teladan bagi nagari yang lain.

Dalam kesempatan yang sama Wabup menghimbau kepada masyarakat agar bisa bersama sama memelihara ketentraman nagari dan memelihara perkampungan adat yang telah menjadi destinasi wisata dunia, jangan sampai masyarakat hanya menunggu bantuan sepenuhnya dari pemerintah.

Bapak Effendi selaku Wali Nagari Sijunjung menambahkan tradisi bakawuah adat ini selain untuk mengungkapkan rasa syukur juga cara masyarakat untuk meminta hujan agar bisa kembali bersama kesawah.

Agar acara lebih meriah panitia juga menyelenggarakan lomba malamang , membuat ampiang serta serta manampi padi.
Yang diwakili oleh masyarakat dari utusan jorong.

Dan tak lupa melibatkan generasi muda Sijunjung untuk mengikuti kegiatan berbagai berbentuk nasi kuning dan pidato adat dalam menjaga tradi sambung Effendi.


#Oja Hayati



No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas