Breaking

Tuesday, August 8, 2017

RI-Afsel Sepakat Dorong Peningkatan Perdagangan Bilateral

Menteri Perdagangan RI dan Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan.
MWawasan.Pretoria(Afsel)~ Dalam kunjungannya ke Afrika Selatan akhir bulan Juli lalu, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, telah mengadakan pertemuan the 3rd Meeting of the Joint Trade Committee (JTC ke-3) bersama Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan di Pretoria.
 
Kedua Menteri Perdagangan telah menyepakati perlunya kedua negara melakukan diversifikasi produk dan pasar serta saling memperkuat kerjasama ekonomi baik di tingkat pemerintah maupun swasta di tengah-tengah ekonomi dunia yang lesu serta kecenderungan proteksionisme global. Indonesia dan Afrika Selatan juga menyepakati untuk indetifikasi berbagai faktor yang menjadi hambatan perdagangan kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia telah mengusulkan untuk mengadakan Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia-Afsel.

Sebagai rangkaian kegiatan, Menteri Perdagangan RI juga mengikuti Business Forum yang diselenggarakan dalam rangka matcmaking antara pengusaha Indonesia dan Afrika Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 18 perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang otomotif, kopi, minyak mentah, konstruksi, pengolahan makanan, furnitur, produk kelapa sawit, kertas, bumbu/rempah, sepatu, tekstil, bahan bangunan, produk ternak, dan keuangan.

Pada salah satu kesempatan, Menteri Perdagangan menekankan pentingnya peningkatan perdagangan antara kedua negara, mengingat masih banyak potensi perdagangan antar kedua negara yang belum dimaksimalkan. 

"Afrika Selatan merupakan salah satu negara yang kita perhatikan. Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja lebih dekat dalam mengidentifikasi potensi ekonomi dan juga mencari solusi dari kendala perdagangan, jika ada," ungkap Mendag RI. 



#Gan/ Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Pretoria

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas