Breaking

Wednesday, May 31, 2017

KJRI HCMC dan KBRI Hanoi Berhasil Pulangkan Petugas PSDKP

MWawasan.Vietnam~ KJRI HCMC dan KBRI Hanoi pada 29 Mei 2017 berhasil memulangkan ke Jakarta petugas Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Petugas Ditjen PSDKP, Chief Officer II Gunawan Wibisono berada di Vietnam karena kapal penangkap ikan Vietnam KH 97579 yang dikawalnya tenggelam, sehingga dievakuasi oleh kapal Pasukan Penjaga Pantai Vietnam (Vietnam Coast Guard) yang berada di posisi terdekat.

Dengan arahan Dubes RI untuk Vietnam, Konjen RI HCMC didampingi Atase Pertahanan RI untuk Vietnam, serta beberapa staf dari KBRI Hanoi pada 27 Mei 2017 mendatangi Markas Pasukan Penjaga Pantai Wilayah III di kota Vung Tau untuk melakukan negosiasi mengenai serah terima dan proses pemulangan Chief Officer II Gunawan Wibisono dari Pemerintah Vietnam kepada Pemerintah Indonesia.


Menurut penjelasan Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto pada konferensi pers yang dilaksanakan pada 23 Mei 2017 di Kantor KKP Jakarta, bahwa KKP melalui PSDKP kembali menyergap lima kapal perikanan asing berbendera Vietnam yang kedapatan melakukan penangkapan ikan di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, Laut Natuna, pada Minggu (21/5). Penangkapan kelima KIA Vietnam itu dilakukan oleh Kapal Pengawas RI Hiu Macan 01.

"Proses penyergapan (lima kapal asing) tidak serempak, yaitu satu per satu, sampai kapalnya itu lima. Kemudian muncul kapal coast guard dari Vietnam yang kemudian berdampak pada tenggelamnya satu kapal ikan asing KH 93979 TS, yang di mana di situ ada satu Perwira kita, yang kemudian pada prosesnya dievakuasi ke kapal coast guard Vietnam," demikian Sekjen Rifky menyampaikan. 



#Gan/KJRI Ho Chi Minh City

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas