Breaking

Monday, November 14, 2016

Cerita Para Wanita Yang Pulang Kembali ke Rumah di Konflik ISIS



MWawasan.
BASHIRSebelum krisis ini, kita hidup dengan sangat baik. Kami memiliki rumah dua lantai, ternak dan toko. Kami tidak khawatir tentang ISIS, karena kami dikelilingi oleh militer dan polisi. Kami ceroboh tentang hal itu; “Saya tidak pernah berpikir mereka akan datang ke Bashir”

Ketika ISIS datang, suami saya pergi bekerja memperbaiki tiang listrik. Budaya tradisional di sini yakni suami adalah kepala keluarga dan wanita tidak melakukan apa-apa tanpa izin mereka. Dia mengatakan kepada saya untuk tinggal tapi aku melihat orang-orang melarikan diri dari desa di jalan jadi aku memanggilnya.

Imam itu di speaker memberitahu orang-orang untuk tidak pergi, ia mengatakan bahwa orang-orang yang melarikan diri adalah pengecut; itulah sebabnya begitu banyak orang tinggal di desa saya.

Putri sulung saya mengerti apa yang sedang terjadi dan dia takut. Dia mengatakan padaku untuk tidak mendengarkan ayahnya. “Mereka menembak, kita harus pergi. Aku mencoba menghiburnya dan mengatakan padanya jangan kawatir dan meyakinkan bahwa  ayahnya akan datang dan menyelamatkan kita.

Aku takut karena mereka menembak dan bom, jadi saya mengambil anak-anak saya dan pergi ke Taza, kota berikutnya.

Aku terus berpikir itu adalah akhir dari kehidupan kita dan mereka akan membunuh kita. Aku terus berpikir tentang suami saya yang dekat dengan garis depan.

Setelah meninggalkan Taza dan pergi ke masjid, kami tinggal di sana selama tujuh bulan. Setelah itu kami pergi ke sebuah gedung sekolah, selama dua bulan.

Kemudian tahun ajaran sekolah dimulai dan kami diminta untuk meninggalkan, jadi kami pergi untuk tinggal di peternakan sapi yang aman di Leylan. Kami tinggal selama setahun. Para tetangga membantu kami dan memberi kami makanan. Tak ada kenal kami. Kami adalah orang asing di sana; tetapi mereka tetap membantu.

Aku tidak mengirim anak saya ke sekolah, karena saya pikir kami akan segera pulang. Dia kehilangan satu tahun pendidikan. Bahkan sekarang sulit bagi saya untuk mengirim anak-anak ke sekolah. Mereka membutuhkan pakaian dan buku-buku dan saya tidak punya uang.

Setiap hari dipengunsian, saya ingin pulang. Ketika Bashir direbut kembali saya bilang suami saya bahwa saya ingin kembali. Dia mengatakan kita tidak bisa karena kita sedang berpuasa dan saya mengatakan kepadanya bahwa kami harus pulang dan secepat kembali.

Pertama kali saya melihat rumah saya saya menangis untuk waktu yang lama. tekanan darah saya naik jadi. suami saya membawa saya pergi. Selama sebulan saya tidak bisa datang ke sini. Aku terus berpikir untuk diri sendiri bahwa setidaknya aku punya suami, saya dan anak-anak. Aku terus membandingkan diri untuk orang-orang yang telah ditangkap atau dibunuh.

Ketika kami akhirnya pulang ada  peringatan merah di seluruh rumah yang mengatakan ada amunisi di dalam, tapi aku memotong pita dan masuk lewat jalan lain. Saya tidak khawatir; Aku bisa melihat di mana saya meletakkan kaki saya. Salah satu amunisi meledak di luar rumah saya.

Suami saya adalah seorang tukang cukur, tapi IS menghancurkan tokonya jadi sekarang dia tidak memiliki pekerjaan. Kami menghabiskan seluruh waktu kami membangun rumah kami. keponakan kami membantu kami, dan meskipun itu belum lengkap saya memutuskan untuk membawa anak-anak saya pulang.

Saya senang berada di rumah karena rumah saya; bahkan jika saya hanya makan roti saya senang bisa kembali. Saya tidak pernah berpikir saya akan bisa kembali.

Hari itu semua dimulai, suami saya pergi untuk mengunjungi tempat-tempat suci dan aku sendirian membuat roti untuk keluarga saya. Saat itu sekitar 08:00. Ada banyak penembakan di jalan-jalan dan rumah kami ditembak. Semua orang muda itu keluar dari rumah mereka dan membuat pagar betis.

Aku menelepon anak saya, yang seorang polisi bekerja dipasukan darurat di Kirkuk, dan saya memintanya untuk datang dan menyelamatkan kita. Ketika ia tiba, aku memberinya roti saya telah memanggang dan ia membawanya ke garis depan untuk tentara dan saudaranya.

Saya tidak bisa berpikir jernih; Aku keluar dari pikiran saya panik. Kami mengambil mobil dan dalam waktu dua jam ISIS telah mengambil desa kami.
Kami pergi ke Taza, kota terdekat, tapi kita bisa melihat bahwa ISIS datang dengan cepat, sehingga kemudian kami berangkat ke Kirkuk. Ketika kami tiba di Taza, orang di sana tidak tahu apa yang terjadi. Mereka meminta kami apa yang sedang terjadi dan kami mengatakan kepada mereka bahwa ISIS datang.

ISIS menewaskan 75 orang hari itu dan mereka melakukan hal-hal buruk pada mayat. Putra bungsu saya dan dua keponakannya meninggal.

Kami menghadapi begitu banyak kesulitan ketika kita mengungsi. Saya kehilangan dua anak dari kekurangan gizi. Setelah enam bulan di Kirkuk mereka jatuh sakit dan cucu saya meninggal karena kelaparan. Dokter mengatakan kepada saya ia menderita gizi buruk tapi kami tidak punya makanan.

Kami berada di jalan-jalan; apa yang dapat saya lakukan? Kami selalu menyakiti. Kami pikir mungkin kita telah melakukan sesuatu yang buruk dalam hidup kita dan kita sedang dihukum.

Hal pertama yang terjadi ketika saya datang ke rumah seseorang menunjukkan di mana anak saya meninggal. Ketika saya melihat di mana ia terbunuh, saya menjadi sangat sakit. Aku tidur selama tujuh hari.

Sekarang saya lebih senang karena saya menetap dan tidak bergerak dari rumah ke rumah. Aku memiliki sebuah toko kecil dan saya ingin Oxfam untuk membantu saya membukanya kembali. Aku gunakan jendela kecil di belakang rumah untuk menjual bahan makanan dari sana.".




Photographer Abbie Trayler-Smith travelled to Iraq with Oxfam to meet two women who have returned to their homes in the village of Bashir which was liberated from so-called Islamic State (IS) earlier this year. Here they describe what happened from the moment IS arrived.

#Gan/BBC.com

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas