Breaking

Wednesday, June 3, 2015

PGSD UNP : Seminar Nasional Pembelajaran Berbasis Riset

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~ Sembilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam Asosiasi Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Indonesia menghadiri acara Seminar Nasional PGSD 2015 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) di Aula FIP, Sabtu (30-31/5). Sembilan PTN/PTS itu meliputi Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Negeri Medan, Universitas Hamka Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Bung Hatta Padang, Sekolah Tinggi Adzkia Padang, dan Universitas Negeri Jambi. Acara ini juga dihadiri oleh guru Sekolah Dasar (SD) se-Sumatra Barat, alumni PGSD FIP UNP, dan peserta umum lainya dengan total peserta sebanyak 501 oran

Acara yang mengusung tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Riset di Sekolah Dasar ini menghadirkan keynote speaker yang terdiri dari Prof. Dr. Noor Azlan Ahmad Zanzali dari Fakulti Pendidikan Universitas Teknologi Malaysia, Dr. Suryanti, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya dan sekaligus sebagai Ketua Asosiasi Dosen PGSD Indonesia, Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. Pakar PTK dan Peneliti Pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dr. Taufina Taufik, M.Pd. Pakar ke-SD-an UNP.

Selaku ketua pelaksana, Dr. Taufina Taufik, M.Pd. mengatakan bahwa tujuan diadakanya seminar ini adalah untuk mengkaji dan menyamakan persepsi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan bangsa dan negara. Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai teknis acara selama kegiatan berlangsung. Di samping penyampaian materi oleh keynote speaker, juga dilaksanakan empat diskusi pleno oleh pemakalah kunci dengan alokasi waktu masing-masing 90 menit dan delapan diskusi paralel yang disampaikan oleh pemakalah pendamping masing-masing diberikan waktu 15 menit. “Diharapkan setelah mengikuti seminar ini peserta mendapat masukan berbagai inovasi pembelajaran di SD,” harapnya, Sabtu (30/5).

Senada dengan hal itu, Ketua Jurusan PGSD FIP UNP, Drs. Syafri Ahmad, S.Pd. M.Pd. juga mengatakan bahwa dengan adanya diskusi pleno dan diskusi paralel ini peserta dapat memperkaya wawasan pembelajaran yang berbasis riset di SD. “Semoga dapat mengubah pola pikir mahahiswa PGSD dan guru terhadap pembelajaran dalam membelajarkan anak di SD,” kata Syafri saat ditemui di ruang seminar.

Ketua Jurusan PGSD Universitas Negeri Gorontalo Dr. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd. yang sekaligus sebagai pemakalah pendamping berharap dengan diadakanya seminar ini dapat menambah pengetahuan dan menambah inovasi pembelajaran di sekolah.


#gantoonline

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas