Breaking News

Persiapan Jelang Festival Taman Nasional Way Kambas 2019


MWawasan - Lampung Timur  - Jum'at, 8/11/19.  Taman Nasional Way Kambas adalah Taman Nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain menjadi tempat perlindungan gajah, di Way Kambas juga memiliki sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah).

Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.

Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Guna melestarikan dan mendekatkan gajah-gajah ini kepada masyarakat, Taman Nasional Way Kambas setiap setahun sekalinya mengagadakan Festival Taman Nasional Way Kambas seperti tahun-tahun sebelumnya.

Segala sesuatu sudah di siapkan untuk acara Festival Way Kambas pada Saptu dan Minggu 09-10-11-2019, seperti Panggung pentas utama, stand budaya, stand motor bike, stand Honda dan lain-lain.

Marni selaku pemilik warung makan dan minum-minuman yang ada di sekitaran Taman Nasional Way Kambas mengatakan, "hari ini tidak ada acara apapun disini, hanya melakukan persiapan untuk Festival besok dan lusa,namun para pedagang makanan dan minuman pun sudah mulai ramai untuk hari ini,"ucap Marni.(Andi)



No comments