Breaking News

Kebakaran Lahan di Agam, Tim Gabungan Padamkan Api dengan Manual

MWawasan, Agam (SUMBAR)~ Jajaran dari Gabungan pemadam yang turun ke lokasi kebakaran lahan di jorong Tapian Kandih, Silareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, untuk usaha pemadaman kebakaran. Diketahui kesulitan disaat memadamkan api yang semakin membesar di lahan milik warga tersebut, Selasa( 24/9/201).

Soalnya, di lokasi lahan tersebut posisinya yang jauh dipebukitan dan hanya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, sehingga kendaraan pemadam untuk kebakaran Agam tidak bisa melewati lokasi diketahui karena jaraknya diperkirakan mencapai 750 meter dari jalan Raya.

Sumber air di lokasi saat itu sangat sulit didapatkan, kebakaran ini menyulitkan bagi Tim pemadam dilapangan, karena posisinya agak kemiringan juga pebukitan, ditambah angin kencang makin membuat petugas sangat kesulitan untuk pemadaman api yang semakin membesar.

Kasat Pol PP- Damkar Agam Kurniawan Syahputra menuturkan melalui mediawawasan.com di lokasi kebakaran, pihaknya bersama Tim gabungan dari mulai BPBD, KSB juga Pemerintah Kecamatan Palembayan, Wali Nagari berserta masyarakat setempat terpaksa memadamkan api dengan cara manual serta mengisolasi api agar tidak meluas,” tuturnya.


Menurut Kurniawan Syahputra, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan api yang membesar diwilayah yang terbakar tersebut dengan cara pemadaman manual.


Kalau dilihat kondisi lokasi kebakaran cukup berat untuk disegi cara pemadaman, kendaraan Tim pemadam tidak bisa menembus ke lokasi kebakaran, bahkan saat ini anginpun berembus sangat kencang yang menambah kobaran api semakin membesar.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah diberi isyarat untuk selalu waspada disaat usaha pemadaman api, karena dampak hembusan angin sangat kencang bisa jadi berdampak negatif pada personil yang sudah berjuang memadamkan api tersebut,” tutupnya.

#ZUL

No comments