Breaking News

MTQ Tingkat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Perdana Digelar di Tugu Monumen Hari Jadi Kabupaten Sijunjung

MWawasan, Sijunjung (SUMBAR)~ Camat Sumpur Kudus Roni Satria S.STP, Msi, membuka secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan (TBAS) tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Tugu Monumen Hari Jadi Kabupaten Sijunjung, Senen (20/05/2019) malam. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Nagari TBAS Syafriul S.AP, ketua KAN Nagari TBAS Z. Dt. Gindo Jalelo, ketua BPN, Kepala KUA Kecamatan Sumpur Kudus, Niniak Mamak, Cadiak Pandai beserta masyarakat Nagari TBAS.

Acara pembukaan MTQ di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan dilaksanakan ba'da shalat tarawih. MTQ ini merupakan MTQ ke-3 yang diselenggarakan oleh karang taruna Nagari TBAS. Dan MTQ ini merupakan MTQ perdana yang diadakan di lapangan atau ruangan terbuka, yang tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan di Masjid. 

Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-3 ini dikhususkan untuk tingkat anak-anak dan diikuti lebih kurang 7 TPQ/TPSQ yang ada di Nagari TBAS, dengan jumlah peserta 2 orang masing-masing TPQ/TPSQ.

Syafrion Suri selaku ketua panitia menyampaikan total dana yang terpakai sekitar 10 juta. Dana itu sendiri didapatkan oleh panitia dari sumbangan para perantau, masyarakat TBAS dan donatur lainnya. Syafrion berharap kegiatan ini berjalan dengan sukses. "Harapan saya agar kegiatan ini dapat berjalan sukses, berjalan secara kontinu kedepannya dan mendapat perhatian dari pemerintah," tuturnya.

Panitia MTQ mengangkat kegiatan ini di lapangan dengan tujuan untuk memanfaatkan atau memaksimalkan Lapangan Tugu Monumen Hari Jadi Kabupaten Sijunjung, yang biasanya hanya digunakan pada saat upacara HUT Kabupaten Sijnjung.

Camat Roni Satria dalam sambutannya menyampaikan, " banyak sekali hal positif yang dapat kita ambil dari pelaksanaan MTQ ini diantaranya, dengan adanya panggung ini kita secara tidak sengaja telah mendidik generasi muda yang berkualitas yang nantinya akan menjadi kebanggaan bangsa dan agama. Kemudian dengan adanya panggung ini memberikan peluang bagi Nagari TBAS untuk menjadi tujuan wisata syari'ah dikemudian hari, karena TBAS memiliki aset," ucapnya.

Setelah sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Camat Sumpur Kudus, acara dilanjutkan dengan lomba MTQ tingkat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan.

#AYU

No comments