Breaking News

Delapan Desa di Sarolangun Belum Cairkan DD Tahap Tiga


MWawasan, Sarolangun~ Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sarolangun, mencatat hingga pertengahan bulan November ini baru ada 141 Kepala Desa yang mencairkan Dana Desa Tahap Ketiga pada tahun 2018 ini.

Kepala BPKAD Emalia Sari, SE, melalui Kasubbid Bantuan dan Pembiayaan, Suhaimi, SE, Rabu (14/11) kemarin, mengatakan masih ada 8 Desa yang belum mencairkan dana desa tersebut, yang tersebar di beberapa Kecamatan.
"Sampai tanggal 14 November sudah ada 141 Kepala Desa menerima SP2D, untuk mencairkan dana desa tahap ketiga," katanya.

Suhaimi, menjelaskan bahwa kedelapan desa tersebut yang belum mencairkan ada sebagian karena belum selesainya realisasi Dana Desa tahap kedua. "Asal syarat lengkap kita proses," katanya. 

Persyaratan pencairan dana desa tahap ketiga ini, yakni Laporan realisasi penyerapan dan capaian output Dana Desa tahap II (Siskeudes) tahun anggaran 2018, Foto Kegiatan tahal II, rencana pengguna Data (RPD) TA 2018, Surat pengantar camat, foto copy rekening bank, foto copy KTP Kepala Desa dan NPWP Desa.

"Terakhir pencairan 5 Desember 2018, sesuai dengan surat edaran yang telah dilayangkan. Kemudian kita juga akan meminta para Kades ini segera ajukan bahan, karena waktu masih ada," katanya.

Untuk diketahui, penyaluran dana desa tahun 2018 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama dicairkan sebesar 20 persen yang totalnya mencapai Rp 23 miliar lebih. Tahap kedua sebesar 40 persen dengan total mencapai Rp 46 miliar lebih, sedangkan tahap tiga juga sebesar 40 persen dengan total mencapai Rp 46 miliar lebih. Dimana tahun 2018 besaran dana desa bagi 149 desa di Kabupaten Sarolangun berjumlah lebih kurang Rp 117 milyar.


#Iksan