Breaking News

Debit Air Sungai Naik, BPBD Himbau Warga supaya Waspada Banjir


MWawasan, Sarolangun~ Intensitas hujan yang cukup tinggi pada belakangan ini, mengakitbakan aliran sungai di sejumlah wilayaha dalam Kabupaten Sarolangun menjadi sangat deras ditambah lagi volume atau debit air sungai juga naik.

Atas kondisi tersebut, Badan Penanggalungan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun, menghimbau kepada masyarakat sarolangun, khususnya yang ada di pinggiran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan terjadi banjir.

Kepala BPBD Sarolangun, Trianto, Jumat (09/11) kemarin, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan dan pemantauan kondisi aliran sungai yang saat ini volumenya naik karena intensitas hujan yang tinggi.

Maka pihaknya melayangkan surat kepada para Camat, untuk meneruskan ke kepala desa agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana pada saat musim penghujan ini.

"Ya, Intensitas hujan sekarang sudah tinggi, air sungai sudah naik, kami minta daerah yang ada di aliran sungai, waspada banjir. Kita sudah informasikan melalui camat untuk diteruskan kepada kades setempat untuk waspada banjir," katanya.

Pada saat musim penghujan ini, katanya bukan hanya bencana banjir yang harus diwaspada khususunya di daerah rawan banjir seperti di Kecamatan Limun, Kecamatan Sarolangun, Kecamatan Pauh, Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Mandiangin. Namun juga harus diwaspada bencana longsor akibat tebing runtuh, serta kayu tumbang di daerah lalu lintas.

"Seperti di kecamatan batang asai, daerah perbukitan, juga harus diwaspadai longsor, bisa saja ada tebing runtuh, atau tumbangnya kayu. Sehingga tidak tertutup kemungkinan masyatakat tidak bisa beraktivitas ekonomi," katanya.

Namun, jika terjadi bencana, katanya masyarakat harus mengutamakan keselamatan diri terlebih dahulu. "Kasang melintang sudah masuk ke areal persawahan. Yang penting pertama penyelamatan diri dulu," katanya.


#Iksan