Breaking News

Selain Jadikan Kampung Madani, SAD Air Hitam Ditargetkan Jadi Wisata Etnik


MWawasan, Sarolangun~ Saat ini pemerintah Kabupaten Sarolangun Bekerjasama dengan TNI terus fokus menggarap Pembangunan dan penataan Kampung Madani Suku Anak Dalam di Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam.

Kampung tersebut juga dibangun untuk menjadi salah satu Icon daerah dengan tema pembangunan kawasan pemukiman SAD berbasis budaya lokal yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi destinasi wisata dengan konsep Etnis.

" Iya, hari ini kita rapat evaluasi terkait proses pembangunan kawasan madani pemukan SAD yang ada di kecamatan air hitam " Kata Wabub Sarolangun,Hillalatil Badri, Selasa (03/07).

Evaluasi yang dilakukan antara lain meliputi, rencana penataan pemukiman tersebut,sehingga apa yang di bangun nantinya dapat bermamfaat baik bagi masyarakat SAD terlebih bagi Sarolangun secara utuh.

" Rapat ini juga melibatkan pihak TNI, Pihak PU, Pertanian dan perkebunan, Peternakan, Perkim dan Kehutanan. Tentunya hal ini dalam rangka agar apa yang telah di cita citakan bisa terwujud dan bermamfaat, sebab kita tidak mau barang ini sudah di bangun tapi tidak bermamfaat. Makanya rencananya harus matang " Jelas Wabub Tegas.

Pembangunan itu lanjut wabub, menggunakan dana APBN dan bantuan dana dari pihak TNI, " kami dari pemerintah tentu akan terus mendukung pembangunan ini, di semua lini mulai dari perencanaan hingga pembinaan hingga mereka bisa mandiri, " Terangnya lagi.

Hal senada juga dikatakan oleh, Dandim 0420 Sarko. Letkol.Kav, Rohyat Happy Arianto, saat menghadiri acara rapat tersebut mengaku telah bekerja keras bersama pemerintah dalam pembangunan pemukiman SAD itu.

Terbukti dia telah mengerahkan kurang lebih 57 orang anggotanya, dalam rangka membantu proses pembangunan disana, " dalam pembangunan ini kita telah melibatkan 57 orang personil kita, dari bataliyon Sipur 2 , Kodim dan Bataliyon 142 " Kata Dandim.

Terkait pembinaan,dia mengaku pihaknya telah lama melalukan pembinaan baik secara moril maupun pendidikan warga SAD melalui Babinsa Serda Tamrin, dan behasil ada warga SAD yang menjadi TNI.

" Alhamdulillah juga dengan pembinaan kita, bersama pemerintah berhasil jadikan sanak kita dari warga SAD yanh jadi TNI, harapan kita dengan ada pemukiman ini nantinya bisa mengangkat dan menjadikan warga kita (SAD ), sama seperti masyarakat biasa, yang terpenting kami menghimbau agar mereka bisa memamfaatkan pemukiman ini dengan sebaik mungkin nantinya," harap Dandim.

Hadir dalam rapat tersebut, Kadis Perkim, Camat Air Hitam, Sekdin Diskannak, Pihak Pertanian, kepala KPHP Limau mewakili dinas perkebunan , Kabid Cipta Karya,Kabid  Bina Marga dan puluhan jajaran staf dinas terkait.


#Iksan