Breaking News

Cek Endra: Pejabat Eselon II Harus Proaktif Jemput Program dan Anggaran Pusat


MWawasan, Sarolangun~ Usai melantik puluhan pejabat di lingkungan pemkab Sarolangun, Bupati Cek Endra saat di wawancarai menegaskan agar para pejabat yang sudah lama dilantik maupun yang baru dilantik dapat bekerja maksimal dalam menjalankan Visi Dan Misi Bupati Dan Wakil Bupati selama lima tahun kedepan.

Namun menurut dia, yang tidak kalah pentingnya, adalah bagaimana setiap pejabat khususnya pejabat eselon II harus jeli dalam melihat program pusat yang bisa disandingkan dengan program Daerah yang sesuai dengan tupoksi OPD nya masing masing.

” Tentu kita menghimbau,kepada OPD untuk berkoordinasi dengan kementriannya masing masing, kalau tidak kita akan ketinggalan,"  kata Cek Endra, Jum’at ( 13/07 ).

Dia mengakui bahwa selama ini  persoalan menjemput anggaran dari pusat masih sangat tergolong lemah, dan dia menginginkan kedepan persoalan ini harus di genjot.

” Untuk itu, memang jadi pejabat eselon II selain fokus pada wilayah OPD nya masing masing , tidak kalah penting lagi harus proaktif menjeput program dan anggaran pusat, selama ini kita masih kurang mengintip program program yang ada di sana, jangan hanya mengandalkan anggaran yang sudah ada," tegasnya lagi.

Untuk melakukan itu lanjut dia, salah satu ukuran keberhasilan seorang pejabat tentu harus mampu membangun akses dan hubungan baik dengan pihak kementrian.

” Banyak sekali program pusat yang bisa kita jemput, untuk menjemput itu tentu butuh hubungan baik dengan pihak kementrian. Kalau berhasil ini baru bisa dikatakan sukses, inikan sudah banyak terjadi terbukti seperti di kementrian ESDM ada PLT dan suku anak dalam juga kita suplai dana dari pusat juga, ” tandasnya.

Adapun pejabat yang dilantik adalah sebanyak 7 orang Eselon II dan 72 orang eselon III dan IV. Pada pelantikan pejabat ini sesuai dengan lampiran Keputusan Bupati Sarolangun Nomor 821.2/104/BKPSDM dan Nomor 821.22/103/BKPSDM  tetang pemberhentian dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dari dan dalam jabatan adminitrator esselon II,III dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Sarolangun.


#Ihsan