Breaking News

Kades Bathin Pengambang Apresiasi PKL Ponpes Darul Aula 


MWawasan, Sarolangun~ Pondok Pesantren Daru Aula, Desa Bukit Tigo, Kecamatan Singkut, Jumat (01/6) kemarin, melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an, dan perpisahan para santri yang melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Angkatan yang ke-18 pada tahun 2018, di Desa Bathin Pengambang dan Desa Tambak Ratu, Kecamatan Batang Asai. 

Progran PKL merupakan program unggulan di Pondok pesantren darul alua, yang setiap tahun selalu menurunkan para santri turun ke desa-desa melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

Ketua Salafiyah, Ponpes Darul Aula, Dino Azimi, S. Pd. I, Minggu (03/6) kemarin, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa program PKL di Pondok Pesantren Darul Aula merupakan program pengabdian para santri untuk terjun langsung ke tengah masyarakat. Selain di bidang keagamaan, para santri juga akan mengabdi sebagai tenaga pengajar, pengajian, pengurus mesjid dan kegiatan sosial. 

"Alhamdulillah kemarin, para santri kita sudah selesai melakulan PKL yang dimulai pada 14 mei s. d 2 Juni 2018,  dan selama ramadhan para santri yang jumlahnya 33 orang itu berbaur dengan masyarakat melaksanakan kegiatan keagamaan," katanya. 

Sementara itu, Kades Bathin Pengambang, Asrin, usai menghadiri perpisahan dengan santri mengaku sangat mengapresiasi atas kehadiran para santri dalam melaksanakan PKL tersebut. Ia menyebutkan dengan ilmu yang diberikan para santri sangat membantu pendidikan agama bagi anak-anak di Desa yang dipimpinnya itu. 

"Sangat mengucapkam terima atas kehadiran anak-anak dari pesantren darul aula, begitu juga kepada para ustadz yang juga hadir kesini, dan kami minta maaf jika ada kesalahan selama mengabdi sisini. Kami merasa sangat terbantu melaksanakan kegiatan bulan ramadhan dengan adanya pesantren kilat dari para santri ini," katanya. 

"Keberadaan anak-anak pesantren, kami harap juga terutama kepada ustadz untuk kedepannya, diadakan PKL lagi seperti ini di Desa kami, tentu anak anak kami disini ada perkembangannya setelah adanya anak anak pesantren ini. kami minta kepada anak anak pesantren tuntutlah ilmu dengan baik," katanya lagi. 

Kades Tambak Ratu, Kopri juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan PKL dari pesantren Darul Aula ini. Sebab baru kali ini  ini ada anak-anak santri yang datang ke desanya untuk melakukan pengabdian ke tengah masyarakat. 

"Kami sangat mengharapkan kehadiran kedepannya kesini lagi. Sebab dengan adanya anak pesantren ke desa kami, sangat besar manfaatnya. Sudah banyak anak anak kami di desa tambak ratu mendapatkan pencerahan islam, pengajian, dan baru kali ini kegiatan PKL ada di desa kami," katanya. 

Hal senada juga disampaikan salah seorang tokoh nasyarakat setempat, Zainal Abidin. Ia menyebutkan bahwa masyarakat dua desa itu sangat senang dengan keberadaab para santri, dalam melakukan pengabdian ini. Ia menyebutkan bahwa biasanya pada bulan suci ramadhan sholat isya dan tarawih selalu sepi, namun setelah adanya para santri yang melaksanakan PKL, para jamaah terus meningkat. 

"Pokoknyo kalau kami masyarakat bathin pengambang, kami sangat senang dengan kehadiran para santri. Biasanya kami sepi saat tarawih, saat ini ada peningkatan. Kemudian ditambah lagi tadarus, pesantren kilat dan perlombaan anak-anak," katanya. 

"Kami selaku warga desa sangat bangga dengan kehadiran anak-anak pesantren ini, dan kami harap ke depan untuk melanjutkan kegiatan ini terus menerusnya, ada yang datang ke sini lagi," pungkasnya.


#Iksan