Breaking News

Masuki Bulan Suci Ramadhan, Azmal AZ Gagas GORO di Lima Sektor TPU Kota Padang


MWawasan, PADANG~  Azmal AZ, SP, M.EP, Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat yang saat ini berkiprah menjadi staf di Staf Ahli Pemerintah Kota Padang mengajak warga dan stakeholder terkait melakukan Gotong Royong (Goro) di lima sektor Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang tersebar di Kota Padang.

"Rencananya kegiatan GORO dilakukan sebelum masuknya Bulan Puasa Ramadhan 2018 ini," ungkap Azmal AZ selaku penggagas kegiatan GORO saat ditemui di Posko GORO bersih-bersih makam, Rabu (2/5/2018) di Tabiang.

Ia menyebutkan, kelima sektor TPU yang tersebar itu ada di sektor selatan, tepatnya di kawasan Bungus Teluk Kabung dengan luas lahan 5 Hektare (Ha) dan daya tampung 10 ribu makam.

Kemudian di sektor timur di kawasan Bukit Napa di Kecamatan Kuranji dengan luas lahan 2,5 Ha dengan daya tampung 10 ribu makam. Di sektor ini yang berkubur warga Kuranji, Pauh dan Padang Timur.

Untuk sektor utara di kawasan perluasan Aia Dingin dengan luas 4,23 Hektare dengan daya tampung mencapai 10.000 makam. Yang berkubur di sana yaitu warga Padang Barat, Koto Tangah dan Padang Utara.

Sedangkan TPU Tunggul Hitam, dari informasi yang didapat lebih kurang sudah mencapai 18.000 makam. Dan yang terakhir, makam kaum yang terletak di Guguak Kelurahan Bungo Pasang.

Azmal AZ juga mengatakan, dengan adanya GORO ini masyarakat khususnya yang ada sanak saudaranya dimakamkan di lima sektor TPU yang ada di Kota Padang tersebut mendapat manfaat langsung dari kegiatan GORO. Terlebih lagi mengingat setiap mau memasuki Bulan Puasa, kebiasaan masyarakat mendatangi TPU untuk bersih-bersih dan memberikan bunga di makam sanak saudaranya.

"Jadi yang selama ini kegiatan bersih-bersih makam hanya dilakukan oleh sanak saudara yang dimakamkan di TPU, tetapi sekarang sudah dilakukan terlebih dahulu oleh masyarakat dan stakeholder peserta GORO," bebernya.

Menurut Azmal. AZ, kegiatan GORO ini nantinya juga akan menumbuhkan persaudaraan, peserta GORO dan masyarakat yang sanak saudaranya dimakamkan di TPU, sehingga berdampak meningkatkan rasa tolong-menolong sesama masyarakat.

Selain itu juga menimbulkan simpati masyarakat, termasuk untuk Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang, DPR RI, DPD RI dan DPRD  Karena kegiatan GORO ini adalah salah satu cara warga untuk menentukan pilihannya di hari pencoblosan nantinya baik untuk menentukan pilihan Kepala daerah (Pilkada), DPR RI,  DPD RI dan DPRD.

Ia menambahkan, cara ini juga bisa dijadikan momentum mencari sosok pemimpin yang benar dibutuhkan masyarakat. Kota Padang. Untuk itu, warga yang sanak saudaranya di makamkan di lima lokasi TPU bisa melihat langsung siapa calon yang ikut andil atau berpartisipasi langsung di kegiatan GORO ini.

"Maka calon itulah yg akan dipilih bukan karena iming-iming semata. tetapi, pilihan itu lebih pada kualitas calon itu sendiri. Yakni calon yang sudah berbuat langsung untuk masyarakat konstituennya," tukas Azmal AZ. 


#Gm/em/Buya