Breaking News

Wabup : BUMDes Menuju Masyarakat Mandiri


MWawasan, Sarolangun~ Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri,  membuka sosialisasi Badan Usaha Milil Desa (BUMDes), Selasa malam (27/03) kemarin,  di Aula King Hotel Sarolangun, Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun. 

Wabup mengatakan dengan sosialisasi tersebut, Kepala Desa dapat membentuk BUMDes dengan efektif dan efesien,  dengan harapan akan mampu mengembangkan ekonomi masyarakat desa,  dengan potensi yang ada di desanya masing-masing. 

"Saya harap sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan gagasan konsep untuk mendirikan BUMDes, bagi yang belum terbentuk, sehingga dapat mengakomodir segala ekonomi, dan tentunya bisa dikembangkan di desa," katanya usai membuka sosialisasi BUMDes tersebut didampingi Kadis PMD Ahmad Zaidan. 

Ia juga mengatakan dengan program BUMDes ini bisa membuat masyarakat menjadi mandiri, dengan potensi desa, baik sektor pariwisata, ekonomi kreatif atau juga sektor perkebunan atau pertanian serta peternakan. Maka,  para kepala desa harus menggali semua potensi desa untuk kemandirian masyarakat yang dikelola melalui BUMDes. 

"Di air hitam dibukanya wisata ayik muap, itu akan menumbuhkan ekonomi masyarakat. awalnya terkendala akses jalan saat saya turun kesana. jadi,  seminggu kemudian akses jalan dibangun setelah saya minta pembebasan lahan, itu yang kita dorong," jelasnya. 

Selain itu, Wabup juga menegaskan jika program BUMDes ini berjalan dengan baik,  dan setiap desa mampu menjalankan. Ia optimis Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Lima tahun yang akan datang,  menuju Sarolangun yang sejahtera akan bisa tercapai.

"Anggarannya dari Dana Desa yang salurkan oleh pusat, dikelola oleh desa, untuk dibuat didesanya dengan menggali potensi desa, yang tentunya berdampak langsung kepada masyarakat," tambahnya. 

Untuk diketahui sampai saat ini, kata Wabup, baru ada 45 Desa yang sudah membentuk BUMDesa dari 149 Desa yang ada di Kabupaten Sarolangun. Maka dari itu, Pemkab Sarolangun berupaya agar seluruh desa bisa membentuk BUMDes ini. "Agar kedepan semua desa harua terbentuk BUMDes di Desa sehingga nanti kemandirian desa akan terbangun," tukasnya.


#Iksan