Breaking News

Resmi Dimulai, TMMD Diharapkan Bisa Mempercepat Pembangunan Nagari Sulit Air


MWawasan, Solok~ Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 di Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (4/4) berjalan dengan hikmad dan sukses.

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Solok Gusmal,SE . Perwira dan komandan upacara Brigjen TNI Mirza Agus. Hadir dalam Upacara tersebut Wabup Yulfadli Nurdin,  Kasipersrem 032/Wirabraja, Kasiterrem 032/Wirabraja, Dandem zibang 1/5 Letkol Czi H.Siregar, Dandim 0304/Agam si wakili kasdim, Dandim 0305/Pasaman di wakili Kasdim, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim, Dandim 0308/Pariaman diwakili Kasdim, Danlanal diwakili, Danlanut diwakili, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan, Para Kabag jajaran Danrem 032/Wirabraja, Pajabat Musfika Kecamatan X Koto Di Atas dan para tokoh masyarakat Nagari Sulit Air.

Uapacara yang diawali dengan menyanyikan bersama Mars Bukit Barisan, dilanjutkan penghormatan pasukan dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan kesiapan pelaksanaan TMMD/N ke 101 tahun 2018 Kabupaten Solok oleh Brigjen  TNI Mirza Agus penandatanganan penyerahan sasaran kegiatan TMMD dari  Bupati Gusmal kepada
Amanat Inspektur upacara yang disampaikan Bupati Gusmal, bahwa dengan adanya TMMD ini, hendaknya dapat mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan kesejahreraan masyarakat di daerah, karena meliputi kegiatan fisik yang terdiri dari pembangunan infrastruktur, sarana prasarana dan fasilitas umun yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Melalui sasaran fisik ini, ada beberapa item, pengecoran jalan taram gando 700 meter, pembuatan irigasi di Banda Kaciek 140 meter, pembuatan irigasi di Gantiang Putuih 86 meter dan pembuatan irigasi Bandar Gando 200 meter.

Sementara sasaran non fisik sosialisasi kebangsaan, pengembangan taman jagung, laksinasi rabies, sosialisasi lahan pangan pertanian, Eliminasi anjing liar dan pemeruksaan status reproduksi juga tambahannya rehap rumah tidak layak huni sebanyak 3 unit bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Solok. 

Begitu juga TMMD  ini diharapan dapat membuka keterisoliran suatu daerah dengan daerah lainnya menuju pusat pertumbuhan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Melalui berbagai kegiatan yang telah direncanakan tersebut kita semua berharap, TMMD kali ini akan mencapai hasil yang maksimal sebagai mana yang diharapkan.

Setelah pembacaan amanat Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pernyataan resmi pembukaan TMMD/N ke 101 tahun 2018 Kabupaten Solok oleh Bupati Gusmal.

Kemudian dilanjutkan Pembukaan oleh Inspektur Upacara yang didampingi Bupati, Wabup, juga diikuti tarian Kolosal Nusantara dari Sanggar Tari Dolok 100 orang. Dandrem 032 /Wirabraja, Para Dandim  dan disaksikan oleh undangan lainnya, sekaligus penyerahan secara simbolis oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan penerima.

Upacara ditutup dengan menyanyikan bersama Mars Bukit Barisan dan pembacaan Do’a. Kemudian dilanjutkan dengan acara tambahan, penyerahan bantuan dari Gubernur Sumatera Barat, 5 buah Bola Volly , 5 buah Bola Kaki, 50 buah Alquran, 2 buah Net Volly, 1buah mesin jenset dan 1 buah mesin rumput beserta  yang diserahkan oleh Bupati kepada Wali Nagari dan Pemuda Nagari Sulit Air. Kemudian acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD /N ke 101 tahun 2018.


#Bayu