Breaking News

OPD se-Kota Padang Panjang Ikuti Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis Dengan ANRI



MWawasan, Jakarta ~ PJS Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM membuka secara resmi acara Bimtek/Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis Bagi Pengelola Kearsipan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Padang Panjang, Selasa (27/3) di ANRI Jakarta.

Irwan dalam sambutannya mengatakan, Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan perusahaan dan lain sebagainya.

“Setiap lembaga pemerintahan dan non pemerintah harus berusaha mengelola arsip mereka dengan baik, maka dari itu perlu kita adakan bimtek pengelolaan arsip dinamis ini,” ujar Irwan.

Sebagai lembaga teknis, lembaga kearsipan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk bekerja keras menjalankan tugas dan fungsi lembaga.

“Keberadaan pejabat fungsional arsiparis di lembaga kearsipan adalah satu hal yang tidak dapat ditawar, tanpa arsiparis lembaga kearsipan ini tidak akan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal,’ jelas Irwan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan setiap OPD yang ada memiliki tenaga arsiparis yang diberi tanggung jawab dan memahami arti pentingnya sebuah pengarsipan setiap agenda kegiatan yang ada di OPDnya.

“Saya minta kepada seluruh peserta yang ikut Bimtek ini dapat memahami, mempelajari setiap materi yang disampaikan, dan tentunya para peserta juga akan dipersiapkan sebagai tenaga professional di OPD masing-masing guna membantu dalam memberikan layanan kearsipan dan menempatkan diri sebagai arsiparis OPD disamping menjalani tupoksi masing-masing,” harap Irwan.

Semoga dengan adanya kegiatan ini “Kita bias mewujudkan penataan kearsipan di Kota Padang Panjang lebih baik lagi kedepannya,” tutup Irwan.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, ST, MT mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk pembenahan system pengelolaan tata kearsipan pada setiap OPD, baik pengurusan naskah dinas, penataan dan penyimpanan arsip sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Kita bermaksud untuk memperbaiki tata kearsipan kita selama ini, dan juga kita ingin meningkatkan tertib arsip atau tertip administrasi, serta kita juga akan menyamakan persepsi tentang system kearsipan guna mengamankan arsip vital dan arsip statis OPD,” jelas Alvi Sena.

OPD sebagai pencipta arsip harus mampu mengelola arsipnya sendiri yaitunya arsip dinamis. Arsip dinamis merupakan arsip yang diciptakan dan digunakan langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan. “Arsip dinamis dapat menjadi aset penting yang dikelola sebagai suatu kekayaan organisasi,” kata Alvi Sena.

Kegiatan Bimtek ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini 27 Maret hingga besok. kegiatan ini akan dilaksnakan dengan pemaparan materi dan praktek lapangan yang di bimbing langsung oleh Direktur Kearsipan Daerah II ANRI, Drs. Asep Mukhtar Mawardi, M.Hum.

“Saya harap kedepannya setelah kita laksanakan Bimtek ini semua OPD sudah bias memahami betapa pentingnya arsip dinamis yang kita ciptakan ini,” harap Alvi Sena.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindramata dari Pemerintah Kota Padang Panjang kepada Direktur ANRI. (ce/ril)