Breaking News

Untuk Kelima Kalinya: Kota Padang Panjang Terima Penghargaan “Swatisaba Wistara”





MWawasan, Padang Panjang – Untuk kelima kalinya, Kota Padang Panjang menerima penghargaan tertinggi Kota Sehat dan setifikat Swastisaba Wistara tahun 2017. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh orang nomor satu di Kota julukan Serambi Mekah itu yakni, Walikota H. hendri Arnis, BSBA di Jakarta, Selasa (28/11). Demikian disampaikan Kabag Protokoler Budhi Hermawan pada www.mediawawasan.com, Kamis (30/11) pagi.

Dikatakan, Kota sehat merupakan suatu kondisi dari sebuah Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh penduduk disekitarnya. Kota Padang Panjang adalah salah satu Kota yang telah berhasil menciptakan suasana tersebut.

“Alhamdulillah kita dipercaya lagi untuk menerima penghargaan untuk Kota sehat ini,” ungkap Hendri Arnis.

Hendri Arnis menambahkan, dengan terpilihnya Kota Padang Panjang untuk menerima penghargaan kota sehat ini, berarti Kota Padang Panjang merupakan Kota yang sehat dan layak untuk dihuni oleh masyarakat. Ini adalah kali ke empat Kota Padang Panjang menerima penghargaan tertinggi, semoga kedepannya Kota Padang Panjang lebih sehat lagi dan lebih maju lagi dari ini.
 
“Saya mengucapkan terimakasih untuk semua masyarakat Kota Padang Panjang yang telah bekerja keras hingga kita dapat menerima penghargaan untuk Kota kita yang aman, tentram dan sejuk ini, saya harap ini dapat kita pertahankan dan dapat kita tingkatkan” tutup Hendri haru.

Sedangkan Drs. Nuryanuwar, A.Pt, MM, M.Kes atau yang biasa dipanggil “Ujang” mengatakan, Penyelenggaraan kota sehat di dasarkan kepada peraturan bersama Menteri dalam Negeri dan Menteri Kesehatan no . 34 thn 2005 dan no. 1138/menkes /pb/VIII/2005 tentang penyelenggaraan kab/kota sehat.

Kota sehat ini terdiri dari Sembilan tatanan, setiap Daerah di persilahkan memilih tatanan yang ada sesuai dengan potensi dan sumber daya alam masing-masing Daerah. 

“Kita Kota Padang panjang memilih delapan tatanan dan dicarikan untuk pengurus Kota sehat ini, pengurus Kota sehat ini dinamakan Forum Kota Sehat yang dipilih sekali dalam tiga tahun. Mereka yang menjadi anggota kota sehat ini adalah orang-orang yang bekerja dan peduli terhadap kota,” terang Ujang.

Ujang menambahkan, banyak unsur yang terlibat untuk Kota sehat ini diantaranya kader lingkungan, PKk, tokoh masyarakat, mahasiswa, perwakilan organisasi profesi , dan lainnya.

Penyelenggaraan kota sehat dilakukan dengan berbagai kegiatan melalui pemberdayaan masyarakat yang di motori oleh Forum Kota Sehat dan di fasilitasi oleh Pemerintah tentunya.

“Kota Padang Panjang telah mangadopsi program kota sehat sebagai program yang diharapkan dapat memadukan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui beberapa OPD dan sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan yang akan dan sedang berjalan,” tutup ujang. (*/a)

Berikut Penghargaan Kota Sehat yang telah diraih oleh Kota Padang Panjang:

Tahun2009swastisabawiwerda
Tahun2011swastisabawistara
Tahun2013swastisabawistara
Tahun2015swastisabawistara
Tahun 2017 swastisaba wistara