Breaking News

Pemahaman Sejarah Timbulkan Niat Berkontribusi Pada Negara, Direktur Sejarah: Generasi Muda Harus Lebih Hebat dari Para Pendahulu

MWawasan.MAKASAR~ Perjalanan sejarah di masa silam tak hanya meninggalkan catatan. Melainkan menjadi obyek menarik dan mengasyikan bagi para pelajar dan generasi muda untuk menguatkan nilai – nilai kebangsaan dan sejarah.

“Ekskursi atau berdarmawisata sejarah tak hanya mempelajari perjalanan sejarah masa silam, melainkan akan mampu menguatkan nilai-nilai kebangsaan dan sejarah nasional, ” ujar Direktur Sejarah, Triana Wulandari di Jakarta, Senin (22/5/2017).


Baca:Pahami Sejarah, 45 peserta workshop LKAS 2017 Kunjungi Benteng Bersejarah Makasar

Salah satu strateginya, kata Triana, Direktorat Sejarah mengelar Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2017, untuk menggali sejarah lokal di wilayah masing-masing, sehingga bisa menarik dan menyenangkan.

“Perlu berbagai terobosan baru agar pelajaran sejarah bisa menarik dan menyenangkan. Melalui LKAS 2017, para pelajar terlihat begitu antusias mengirim sinopsis film sejarah lokal dari daerah mereka,” katanya.

Para pelajar dan generasi muda, sudah seharusnya melihat kembali sejarah dari tempat dia berasal. Sebab, akan memunculkan rasa bangga menjadi anak Indonesia dengan beragam sejarah yang dimilikinya.

“Melalui film sejarah lokal yang dibuat, mereka akan bangga menjadi anak bangsa dan betapa hebat perjalanan sejarah negerinya pada saat berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, ” ucapnya.

Memahami sejarah lokal menjadikan mereka akan memunculkan rasa untuk senantiasa berkontribusi bagi negeri yang harus dirawat dan dijaga serta dicintai lewat karya - karya bernas yang mencerahkan.

“The founding fathers kita sudah berdarah-darah berjuang untuk Indonesia. Masak generasi muda menyia-nyiakannya, melainkan mereka harus menjadi generasi yang lebih hebat dari para pendahulunya tersebut, ” harapnya.



#Gan/Puspen Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI