Breaking News

KBRI Berlin Raih Penghargaan Lewat 'Aplikasi Lapor Diri'

MWawasan.BERLIN~ Program aplikasi Lapor Diri (LaDi) WNI secara Online yang dibangun oleh KBRI Berlin, berhasil terpilih sebagai Top 99 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penganugerahan penghargaan Top 99 SINOVIK 2017 telah dilakukan di Gresik, Jawa Timur, pada tanggal 20 Mei 2017 oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur, diterima oleh Sekretaris Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri.

Aplikasi LaDi dinilai telah secara nyata memberikan kemudahan bagi WNI di Jerman untuk melakukan lapor diri secara online dengan menggunakan aplikasi smart phone sehingga semua proses terlaksana dengan murah dan cepat, serta data yang terhimpun menjadi  lebih akurat, terintegrasi dan real time. Aplikasi yang telah berjalan sejak bulan Oktober 2015 ini, juga memiliki reminder system guna menjaga WNI di Jerman terhindar dari masalah keimigrasian dengan memberikan notifikasi untuk memperbarui dokumen keimigrasian dan kekonsulerannya. Aplikasi LaDi dapat diakses pada alamat lapordirijerman.de.

SINOVIK 2017 diikuti oleh 3.054 program inovasi lainnya dari unit kerja pelayanan publik instansi pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN/D seluruh Indonesia. LaDi bersama dengan peraih Top 99 lainnya akan kembali mengikuti seleksi untuk masuk pada tahap akhir, Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017.​ 




#Gan/ Setditjen Protkons