Breaking News

Hamburg Orchestra Gelar "Angklung in Concert“

MWawasan.Hamburg~ Angklung Hamburg Orchestra (AHO) didukung KJRI Hamburg dan PPI Hamburg mempagelarkan konser Angklung (Angklung in Concert) di gedung Musik Miralles Sall, Hamburg pada tanggal 22 April 2017. Konser Angklung berlangsung selama kurang lebih 2.5 jam dari pukul 17:30  sampai dengan pukul 20:00.

Konser Angklung memainkan sekitar 13 lagu tradisional dan lagu pop modern diantaranya Lalayaran, Jali-Jali, Bengawan Solo, The Entertainer, Angin Mamiri, Yamko Rambe Yamko, Freude Schöner Götterfunken, Gedicht, New York, New York, Game of Thrones, When you believe, Bunda, Santorini dan Pompel serta permainan perpaduan band dan musik tradisional oleh Oriental Band. 

Angklung in Concert merupakan konser khusus Angklung yang pertama kali diselenggarakan di Hamburg dihadiri sekitar 400 orang dari berbagai kalangan diantaranya adalah warga Jerman dan diaspora Indonesia di Jerman utara. 

Acara diawali dengan sambutan KJRI RI Hamburg yang memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Angklung Hamburg Orchestra (AHO), PPI Hamburg dan masyarakat Indonesia lainnya yang turut mendukung dan mensukseskan kegiatan melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia.

Dengan telah diakuinya kesenian angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh Unesco pada tanggal 16 November 2010, Indonesia wajib melindungi, menyebarluaskan, serta meneruskan warisan budaya Angklung pada generasi penerus. Untuk itu Konsul Jenderal RI menyampaikan apresiasi tinggi kepada Angklung Hamburg Orchestra yang telah melestarikan dan mempromosikan Angklung tersebut di Jerman Utara. 

Pertunjukan Angklung in Concert dikemas apik dengan sambutan dan standing ovation dari para pengunjung hingga akhir pertunjukan. Pada saat sebelum dimulainya pertunjukan pada sesi pertama dan sesi kedua, AHO menampilkan video singkat kegiatan-kegiatan pelestarian Angklung dan pengenalan Angklung oleh AHO kepada para pengunjung. Selain itu, PPI Hamburg juga ikut mempromosikan kuliner Indonesia dengan menjual berbagai makanan kecil dan minuman khas Indonesia sebelum dimulainya pertunjukan dan saat jeda.

Angklung in Concert adalah pagelaran amal dengan tema "Um Die Welt, Durch Die Zeit" atau Mengelilingi Dunia, Menembus Waktu. Hasil kegiatan amal ini akan disalurkan ke korban pengungsi di Syria melalui organisasi Islamic Relief, Deutschland di Hamburg. Selama ini AHO tekun berlatih setiap hari minggu di KJRI Hamburg. Untuk mempromosikan budaya-budaya Indonesia, KJRI Hamburg senantiasa memberikan dukungan penuh dan fasilitasi setiap kegiatan promosi budaya, termasuk promosi pagelaran musik tradisional Indonesia.



#Gan/Pensosbud KJRI Hamburg (sosbud@kjrihamburg.de)

No comments