Breaking

Thursday, July 4, 2024

Bupati Dharmasraya Hadiri Jambore PKK di Alinea Farm & Park


MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri sekaligus membuka acara Jambore PKK. Acara ini dilaksanakan di Alinea Farm & Park, Nagari Sitiung pada hari Kamis, (04/07/24). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK, Dewi Sutan Riska, Wakil Ketua TP PKK, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Dharmasraya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada tim penggerak PKK Kabupaten Dharmasraya atas terselenggaranya kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Dharmasraya. 

"Jambore PKK Tingkat Kabupaten selain sebagai ajang kompetisi dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan kader, diharapkan sebagai ajang silaturahmi dan pertukaran informasi antar sesama kader seluruh kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya," kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Ketua APKASI. 

Kata Sutan Riska, PKK merupakan lembaga kemasyarakatan yang kebaradaanya di semua jenjang mulai dari pusat sampai tingkat. Membawahi 10 sampai 20 rumah, PKK adalah satu-satunya lembaga yang pengaturannya langsung diatur oleh Perpres 99 tahun 2017 yang turunannya berupa juknis lewat Permendagri 36 tahun 2020. 

“Ini membuktikan bahwa lembaga PKK adalah lembaga yang memang kiprahnya tidak diragukan lagi sebagai mitra pemerintah. Selain itu, Pemerintah Daerah bersama-sama bergerak menuju Kabupaten Dharmasraya yang terus berkembang pesat kedepannya," ungkapnya lagi.

Selain itu, Bupati juga mengajak para peserta jambore agar berkompetisi dengan tetap menjaga nilai-nilai sportifitas yang tinggi dan tetap jaga kesehatan, kekompakan sampai kegiatan ini selesai dilaksanakan.

Sementara itu, menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya meminta perhatian kepada pengurus TP-PKK Kecamatan, nagari dan para kader agar mendukung pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di posyandu. Dengan melakukan langkah-langkah yang kogkrit untuk meningkatkan tingkat kunjungan masyarakat sasaran ke posyandu, agar dapat di pantau tumbuh kembangnya. 

Katanya lagi, kader PKK dalam pelaksanaan peran dan fungsinnya harus bisa merangkul masyarakat. peran kader PKK sebagai pelopor penggerak masyarakat khususnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Melalui 10 tugas pokok PKK diharapkan memiliki manfaat dan dampak sosial bagi perubahan kearah yang lebih baik.

“Gerakan PKK harus mampu menjadi agen pembangunan dan terdepan dalam memberikan edukasi dan penyadaran sampai dengan kelompok dasawisma kepada masyarakat,” pungkasnya.

#Egit/Sosri 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas