Breaking

Tuesday, July 2, 2024

97 Warga Desa Remban Terima Bantuan BLT-DD Bulan Juni-Juli 2024, Berjalan Khidmat

MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Desa Remban Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (2/7/2024), bertempat di Kantor Desa Remban, pukul 08.00.Wib. s/d selesai, berjalan khidmat.

Telah dilaksanakan Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan Juni-Juli  2024. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, sbb: Kepala Desa Remba Ruslan diwakili Reza Fahlevi beserta Perangkatnya, Ketua BPD Herdiansya.S.H, diwakili Lia Waroka beserta anggotanya, Pendamping Desa Kecamatan Hendi.S.Karim, pendamping lokal desa Dobi Ariandi, Lembaga Adat, 97 Orang keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sempat hadir.

Kepala Desa Remban Ruslan Diwakili Sekdes Reza Fahlevi Dalam sambutannya, "Pergunakanlah bantuan lansung tunai hari ini untuk keperluan bapak ibu baik itu untuk beli obat obatan atau keperluan yang lain semaksimal mungkin, pergunakanlah bantuan ini jangan sampai bantuan ini disalagunakan", tuturnya.

Kemudian berharap, kepada Yang menerima bantuan lansung tunai hari ini menerima dengan senang hati, seharusnya Kita salurkan bantuan ini  kemarin 7 bulan sekaligus, namun penyaluran hari ini bulan 6 bulan 7, kemudian yang berikut 5 bulan kedepan itu di tahap 2 insyaallah kita salurkan sekaligus untuk 5 bulan sekaligus, ucapnya Reza.

Ketua BPD Desa Remban Herdiansya Diwakili Lia Waroka Dalam sambutannya, bapak ibu sekalian  kita hari ini pembagian BLT DD untuk 2 bulan Juni dan Bulan Juli dua bulan,yang uangnya Rp:300.000.per KPM, jadi jumlah totalnya Rp:600.000,/KPM.

"Dengan harapan, agar bantuan langsung tunai hari ini dapat dipergunakan untuk keperluan yang sesuai dengan Kakan kalian jangan disalahgunakan", ucapnya Lia. 

Pendamping Desa Kecamatan Hendi.S.karim dalam sambutannya, tadi sudah disampaikan oleh bapak sekretaris desa bahwa hari ini akan disalurkan BLT untuk bulan 6  bulan 7 jadi nilainya itu 600.000 itu yang masuk ke tahap pertama, itu 7 bulan, sampai bulan 7, kemarin disalurkan pada bulan Januari 2024 sampai bulan 5, untuk bantuan selanjutnya  mungkin agak lama mungkin sekitar bulan 9 atau terkadang di akhir tahun, katanya.

Tapi yang pasti pasti disalurkan oleh Pemerintah Desa, tidak  mungkin tidak disalurkan memang agak lambat bantuan selanjutnya, kalau sudah masuk dari kas negara Desa itu pasti disalurkan oleh Pemerintah Desa kepada bapak-bapak atau ibu-ibu penerima manfaat BLT DD tahun  2024, katanya Hendi.S.Karim.

Adapun jumlah Data penerima BLT-DD Desa Remban  sejumlah 97 KK (tersalurkan semua). Penerima BLT-DD menerima uang sejumlah Rp. 300.000/Per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) (tanpa potongan) dua bulan sekaligus untuk bulan Juni-Juli jumlah Uangnya Rp:600.000./Per KPM Tahun 2024.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ini tujuannya, yang pertama adalah untuk Mendukung pemulihan ekonomi Desa Remban.

"Dengan meningkatnya daya beli KPM, diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi desa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas ekonomi di desa, seperti bertambahnya jumlah UMKM dan meningkatnya pendapatan masyarakat", Jelasnya.

Kemudian Yang kedua, untuk Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Dana Desa.

Jadi Kegiatan Penyaluran BLT-DD dilakukan dengan cara yang transparan dan akuntabel. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa dan mendorong partisipasi mereka dalam pembangunan desa, pintanya. Dan yang terakhir  adalah untuk Memenuhi amanat peraturan perundang-undangan.

Pada intinya, Penyaluran BLT-DD merupakan amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

"Selama Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan Juni-Juli  2024 berlangsung. Berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan kondusif", pungkasnya.

#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas