Breaking

Friday, March 15, 2024

Akses Jalan Mandiangin Pasaman Barat Mengalami Kerusakan Pasca Banjir

  
MWawasan, Pasaman Barat (SUMBAR)~  Jalan Kabupaten yang membentang di wilayah Jorong Mandiangin, Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, mengalami rusak parah. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang warga Pasia Tinggi Medan Baru, Jorong Mandiangin, Yulisman Jambak, kepada awak media ini, Kamis, 13 Maret 2024. Menurutnya, kondisi jalan tersebut sudah lama rusak, ditambah kejadian banjir berapa hari yang lalu.

“Panjang jalan yang mengalami kerusakan diperkirakan mencapai 100 meter dan posisi badan jalan sudah ambruk masuk ke dalam sungai”, ujar Yulisman.

“Kerusakan jalan saat ini, diperkirakan lama-kelamaan akan membuat kodisi badan jalan bisa terputus, akibat derasnya arus sungai yang mengikis tebing, sehingga membuat badan jalan terban dan longsor, karena posisi jalan berdekatan dengan kawasan pinggiran sungai Batang Kinali yang membuat badan jalan semakin rusak”, tambahnya.

"Kami merasa kuatir melihat kondisi badan jalan yang saat sekarang kerusakannya semakin hari semakin bertambah".

Apabila pemerintah tidak serius menanggapi dan tutup mata terhadap jalan rusak tersebut, maka diperkirakan lama-kelamaan, jalan tersebut bisa mengalami putus total, sebutnya.

Ia menjelaskan, jalan yang biasa ditempuh siang maupun malam hari oleh warga tersebut, Yulisman mengaku sangat prihatin dengan keadaan kodisi jalan, apalagi jika ada warga yang yang pulangnya kesorean atau malam hari. Dan harus melintasi jalan yang didominasi dengan semak belukar di pinggiran dekat jalan yang rusak tersebut.

“Karena jalan ini merupakan satu-satunya akses bagi masyarakat Nagari Katiagan, khususnya warga Jorong Mandiangin, untuk bepergian beraktifitas ke luar dari Kampung Mandangin menuju pusat Kecamatan Kinali, maupun menuju pusat kota Kabupaten Pasaman Barat”, kata Yulisman menerangkan.

Sementara itu, Wali Nagari Katiagan, Endang Putra, saat dikonfirmasi melalui seluler nya, kepada media ini membenarkan bahwa jalan menuju Kampung Jorong Mandiangin tersebut memang sudah lama mengalami kerusakan.

“Akibat imbas deras arus sungai yang menerjang badan jalan, yang mana sungai tersebut merupakan tumbukan dan tikungan dekat pinggiran tebing jalan, sehingga berakibat jalan tersebut mengalami rusak parah. Ditambah lagi kerusakan badan jalan ini akibat banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu”, ujarnya.

“Ibaratnya penyakit yang lama belum sembuh, yang baru menimpa pula, jalan lama yang rusak belum diperbaiki, kerusakan baru, sudah datang pula sehingga bertambah parah”, katanya.

“Tentang kerusakan jalan, sudah sering kita laporkan kepada pihak Pemerintah. Namun kita tetap menungggu, semoga akses jalan menuju Mandiangin itu dapat diperbaiki”, ucapnya.

Untuk antisipasi agar jalan tersebut tidak diterjang derasnya arus sungai Batang Kinali, Wali Nagari mengatakan harus dibikin “Paku Bumi” di pinggir jalan, setidaknya bisa sebagai penahan tebing agar tidak ambruk dan longsor.

READ  Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Kodim 0314/Inhil Gelar Upacara Bendera
Powered by Inline Related Posts.

“Dan dari pemerintah nagari, sudah memberitahu masyarakat, jika melewati jalan yang rusak tersebut agar berhati-hati. Kita sudah memasang tanda pemberitahuan, apalagi bagi warga yang membawa kendaraan”, sebut Wali Nagari Katiagan Endang Putra Mengakhiri.

#By Roni

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas