Breaking

Tuesday, December 12, 2023

Wadanramil Lubuk Begalung Hadiri Lokmin Terkait Balita Stunting dan Gambaran Kesehatan Masyarakat Tahun 2023


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Wadanramil 04/Lubeg Kodim 0312/Padang menghadiri acara Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektoral Triwulan IV Puskesmas Bandar buat di Kecamatan Lubuk Kilangan, Selasa (12/12/2023).

Turut hadir Camat Luki Masrialdi Masbiran, SH,.M.HUM, Ka UPTD Puskesmas Luki drg Afridawati,M.MKes, Kepala KUA Hamdani ,Lurah sek kecamatan Luki, pendamping Desa  serta segenap tamu undangan.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu sehingga dapat meningkatkan fungsi puskesmas.

Ka UPTD Puskesmas drg Afridawati,M.MKes menyampaikan, Lokakarya Mini Lintas Sektor yang dilkasanakan sebagai wadah untuk menggali permasalahan bidang kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan

“Serta untuk mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program dan kegiatan yang sedang serta akan dilaksanakan oleh Puskesmas maupun dari lintas sektor terutama terkait Balita Stunting / Gizi buruk dan gambsran kesehstan Masyarakat 2023 di kecamatan Lubuk Kilangan”, tuturnya.

“Oleh karena itu dengan kerjasama yang maksimal serta terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik antar lintas sektoral bisa memecahkan masalah serta mencari solusi dalam bidang kesehatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wadanramil kembali mengingatkan masalah Stunting tetap jadi prioritas bagaimana pencegahannya.

“Stunting atau kerdil pada anak sebagai akibat kekurangan gizi kronis tidak hanya dialami keluarga miskin, namun juga mereka yang berstatus keluarga mampu atau berada. Bahkan Stunting tidak hanya menganggu pertumbuhan fisik, namun juga perkembangan otak”, ujarnya.

Ini tugas kita bersama, karena salah satu penyebab masih tingginya angka stunting di Indonesia, lanjut Babinsa adalah kurangnya informasi pada masyarakat tentang pentingnya memperhatikan asupan gizi dan kebersihan diri pada ibu hamil dan anak di bawah usia dua tahun.

“Masyarakat kerap memandang sepele soal pemberian makan untuk anak, juga kebersihan diri, termasuk cuci tangan pakai sabun (CTPS), atau efek dari buang air besar (BAB) sembarangan karena enggan menggunakan jamban. Padahal faktor-faktor tersebut sangat berkaitan erat dengan stunting,” pungkas Letda Inf Afrizal Chan.

#rel/Am

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas