Breaking

Wednesday, December 13, 2023

Puluhan Pelaku IKM Ponorogo Kembali Ikuti Pelatihan Bersama Tjahja Muhandri


MWawasan, Ponorogo (JATIM)~ Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) saat ini sedang mendapat perhatian khusus dari Dr. Tjahja Muhandri, S.TP, M.T seorang dosen FTA 'FATETA IPB , peneliti di Seafast  sekaligus Pendiri dan pengelola Coaching Clinic IKM Pangan Indonesia.

Dr.Tjahja Muhandri, S.TP, M.T hadir kembali ke  kota reog untuk mengadakan pelatihan Pasteurisasi produk pangan IKM sekaligus penerapannya dengan praktek langsung untuk produk minuman sari buah lemon dan mangga serta rujak serut.

Menurut Sunarto selaku Ketua Forum IKM Ponorogo, kegiatan ini bertujuan meningkatkan masa kedaluwarsa produk produk IKM itu menjadi lebih lama. "Yang biasanya hanya bertahan 1 hari dengan menerapkan tehnik pasteurisasi, masa kedaluwarsa produk ini bisa sampai 3 bulan," beber Sunarto. 

Acara yang dihadiri 30 Pelaku IKM Ponorogo ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo,  Ringga Dwi Heri Irawan, S.SP, M.S pada hari Sabtu (9/12/2023) di Gedung Sentra Industri Tambak bayan.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa kegiatan pelatihan rutin dilaksanakan atas kerjasama Forum IKM Ponorogo dengan Coaching Clinic IKM Pangan Indonesia. "Bahkan acara ini sudah berjalan selama tiga tahun," tambahnya. 

Dia menambahkan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku IKM Ponorogo dalam meningkatkan kualitas Produk produknya. "Semoga IKM di Ponorogo makin maju dan berkembang melalui kegiatan pelatian ini," harapnya. 

#DS/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas