Breaking

Sunday, December 17, 2023

Musyawarah Nagari Penyusunan RKP Nagari Kinali Tahun 2024 dan DU RKP Tahun 2025

MWawasan, Pasbar (SUMBAR) Pemerintah Nagari Kinali melalui Bamus (Badan Permusyawaratan) mengelar satu tahapan penting untuk pembangunan di nagari yaitu musyawarah nagari penetapan dan pengesahan RKP nagari tahun 2024 dan DU RKP nagari Kinali tahun 2025. Musyawarah tersebut berlangsung di Aula Kantor Bamus Nagari Kinali Kecamatan, Kinali Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Kamis (14/12/2023).

 

Acara dihadiri Plt. Wali Nagari Kinali Sudirman S.Sos.I, ketua tim RKP, Sekretaris Nagari Kinali Syafril Anwar, SH, Kasi Pemerintahan Bagus, SH, Kasi Kesra Nagari Novendri Saputra SKM, Kaur perencanaan Mustafa, S.Pd, Kasi Pelayanan Witzirzoni, SH, Ketua Bamus Muzardin, S.Pd dan ketua LPMN Nagari Eri Marenza, Kepala Jorong Langgam, Babinkamtibmas Nagari Kinali dan juga Pendamping Desa kecamatan peserta pendamping lokal desa  dan tokoh masyarakat, Bundo Kanduang dan elemen masyarakat serta para undangan lainnya. 

 

Musrembang dibuka oleh Plt. wali Nagari Kinali Sudirman, S.So.I,  menurutnya dalam pembukaan tersebut sebagaimana yang kita ketahui, RKP adalah rencana kerja pemerintah nagari yaitu berupa rencana kegiatan apa saja yang dikerjakan oleh pemerintah nagari untuk tahun 2024 yang akan datang, ujarnya.

 

Setidaknya ada berapa tahapan dalam penyusunan RKP Nagari sesuai dengan

Permendes No. 21 tahun 2020 dalam pasal 34 disebutkan, bahwa penyusunan RKP Nagari dilakukan melalui tahapan yaitu pembentukan tim penyusunan RKP Nagari dan pencermatan dan penyelenggaraan rencana kegiatan dan pembiayaan pembangunan nagari. Pencermatan ulang RPJM nagari dan penyusunan rancangan RKP nagari serta daftar usulan RKP nagari, musyawarah nagari, pembahasan dan pengesahan RKP dan daftar usulan RKP nagari, sebutnya. 

 

Sementara itu Sekretaris Nagari Kinali Syafril Anwar, SH selaku ketua tim RKP untuk menyampaikan rancangan daftar usulan rencana kerja pemerintah nagari 2024 (DU - RKP - Nagari ) tentang jumlah item untuk di sampaikan kepada peserta  Musrembang yang hadir tersebut, terutama di bidang Prioritas dan bidang Infrastruktur, sebutnya.

 

Kegiatan prioritas; 1. pengerasan jalan lingkar Kampung Bancah Inai, 2 pembukaan jalan dari Kampung Cubadak menuju ke jalan Bancah Uban, 3 rabat beton Mushola Nurul Yakin, 4 Pembangunan pengerasan jalan lingkung Bancah Rambai, 5. pembukaan PLN ke Prunas, 6 pengaspalan jalan Kampung Cubadak ke Bancah Inai.

 

Menurut Ketua RKP Syafril Anwar sejumlah item yang telah terangkum di dalam RKP tersebut sebanyak daftar usulan dari berapa bidang Infrastruktur dan bidang ekonomi dan SDM berjumlah 24 item, ujarnya,

 

"Alhamdulillah kita telah menuntaskan satu tahapan penting dalam menjalankan roda pemerintahan yaitu kita telah menetapkan dan mengesahkan RKP tahun 2024 dan UD RKP tahun 2025. Tentu langkah kita selanjutnya adalah menyusun rancangan- rancangan menyusun APB nagari tahun 2024," sebut sekretaris Nagari.

 

lebih lanjut, Syafril menjelaskan bahwa pada tahun ini, ada berapa kegiatan tahun 2023 yang sudah berjalan untuk pembangunan, ada berapa kegiatan seperti pembagunan fisik dan infrastruktur seperti  17 jamban untuk warga tidak mampu dan rehab RTLH rumah tidak layak huni dan peningkatan jalan tani Tanjung Malik, ulasnya. 

 

Sekna berharap kita dapat menyusun dan mengesahkan rancangan APB nagari sesuai jadwal, paling lambat sebelum masuk tanggal 31 Desember 2023 atau awal tahun 2024 agar kita sudah dapat membelanjakan keuangan nagari untuk memulai kegiatan fisik maupun kegiatan pemberdayaan, jelasnya.


#By Roni 

 


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas