Breaking

Saturday, November 25, 2023

Wartawan Pasaman Lakukan Study Komparatif, Bupati Sabar AS Dukung Peningkatan Kapasitas Wartawan


MWawasan, Pasaman (SUMBAR)~ Sebanyak 55 wartawan Kabupaten Pasaman lakukan study komparatif ke Redaksi Harian Pagi Tribun Pekanbaru (Kompas Media Grup). Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kapasitas dan SDM wartawan yang bertugas di Kabupaten Pasaman. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman, Budhi Hermawan, di sela-sela kunjungan.ke Harian Pagi Tribun Pekan Baru, Kamis (23/11) di Hall Lt. II Kantor Redaksi di Jalan Teuku Ulnar Kota Pekan Baru. 

Kedatangan wartawan Pasaman di Kantor megah bertingkat tiga itu, disambut langsung Pemimpin Redaksi Syarief Dayan, Pemimpin Perusahaan Purnomo serta Manager Produksi Hermanto dan staf redaksi lainnya.

Kadis Kominfo Budhi Hermawan menjelaskan, bahwa study komparatif ini bertujuan untuk lebih mengenalkan tugas-tugas keredaksian Media Cetak, Media Online dan Media Audio Visual kepada Wartawan Kabupaten Pasaman. 

"Kebetulan redaksi Tribun Pekan Baru memiliki compartemen yang lengkap, ada Redaksi koran cetak dengan mesin cetaknya, ruang redaksi media online dan keredaksian audio visual yang lengkap dengan studio podcast nya", jelasnya. 

Menurut Budhi, study komparatif tersebut sangat berarti, karena mampu membuka wawasan dan cakrawala Wartawan Pasaman tentang industri media  secara menyeluruh.

"Sebagian besar wartawan Pasaman merupakan wartawan media online, yang rata-rata belum mengenal apa itu dapur redaksi, lay out, cetak plat halaman koran, bagaimana proses cetak koran dan mesin cetak itu sendiri. Di Tribun Pekanbaru semua lengkap dan kita difasilitasi melihat seluruh kompartemen yang ada," ujar Budhi.

Dalam pertemuan yang berlangsung lebih satu jam, Pemimpin Redaksi dan Pimpinan Perusahaan Tribun Pekanbaru menjelaskan secara detail bagaimana kiat industri surat khabar khabar bertahan, ditengah hantaman Media Online. 

"Pimred Syarief Dayan sempat mengungkap bagaimana wartawan bisa meraup uang dalam jumlah besar, dengan memanfaatkan tekhnologi digital dan platform media yang ada di internet," katanya.

Dalam audiensi tersebut, Kadis Kominfo Pasaman menyampaikan apresiasi kepada jajaran redaksi dan pihak manajemen Tribun Pekanbaru, atas sambutan yang cukup luarbiasa terhadap kunjungan wartawan Kabupaten Pasaman bersama Dinas Kominfo.

Pimred Tribun Pekanbaru, Syarief Dayan dalam paparannya menjelaskan bagaimana kiat mempertahankan industri Koran Cetak ditengah gecarnya gempuran Media Online. 

"Kuncinya adalah konsistensi, komitmen dan kerja keras seluruh awak redaksi dan wartawan daerah, termasuk keuletan pihak manajemen perusahaan.," beber Syarief Dayan, sumando Rang Pariaman itu.

Sementara itu, Pimpinan Perusahaan, Purnomo, menjelaskan bagaimana media online bisa menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan, terutama berita audio visual di kanal-kanal YouTube, fb dan media mainstream lainnya.

"Ada peluang uang dari video berita digital yang kita produksi, dan itu nilainya cukup besar, hingga ratusan juta perbulan," ungkap Purnomo yang akrab dipanggil Mas Pur. 

Diakhir kegiatan study.komparatif , Pemred Tribun Pekan Baru mengajak tamunya mengunjungi berbagai ruang kerja keredaksian hingga ke ruang cetak dilantai dasar gedung bertingkat tiga itu.

Kedatangan rombongan Wartawan Pasaman di Kantor Redaksi Harian Pagi Tribun Pekanbaru, disambut unsur pimpinan Tribun Pekanbaru dan sejumlah unsur manajemen lainnya.

Kegiatan peningkatan kapasitas wartawan Pasaman, difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman.

“Kegiatan ini kita lakukan setiap tahun, melalui anggaran peningkatan SDM Kewartawanan DPA Dinas Kominfo Pasaman. Khusus tahun ini teralokasi pada anggaran perubahan tahun 2023. 

"Alhamdulillah kegiatan ini di support penuh Bupati Pasaman, dan Bupati Sabar AS sangat mendukung peningkatan SDM wartawan dilakukan secara berkelanjutan," ujar Kadis Kominfo. 

"Harapan Pak Bupati, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi wartawan yang bertugas di Kabupaten Pasaman." ujar Kadis Budhi.

#By Roni

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas