Breaking

Sunday, October 15, 2023

PJU Tenaga Surya Aspirasi Anggota DPRD Dapil III: 8 Titik untuk Desa Remban,Sudah Menyala


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) David III Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara)Provinsi Sumatera Selatan dari Fraksi Partai Golkar ,Andika menyalurkan program aspirasi masyarakat berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya atau PJU TS dengan membangun 8 titik untuk desa remban  Kecamatan Rawas Ulu,sudah menyala. 

Masyarakat gembira karena  lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) kini akan hadir dan tentunya menyala.

Kepala desa Remban Ruslan saat perbincangan di kediamannya pada Sabtu 14/10/2023.pkl:8.20.wib. mengatakan ke awak media,Saya Pemdes berterima kasih kepada Andika Anggota DPRD Kabupaten Muratara dari Dapil 3 Rawas ulu Ulu Rawas,karena lampu PJU TS itu merupakan program aspirasi. 

Masyarakat menyambut dengan baik keberadaan PJU TS ini.Pasalnya, mereka merasa akan lebih aman, karena jalan-jalan yang sebelumnya tidak ada penerangan saat ini akan ada penerangan yang cukup,juga pada jalan yang gelap gulita di sekitaran tempat pemakaman Umum(TPU)yang tidak jauh lokasi TPU tersebut dari lapangan sepak bola,Di hadapan Masjid Nurul iman,Dihadapan Rumah Pemdes dan ditempat lainnya.

“Alhamdulillah, sekarang jalan untuk mayarakat lalui lewat pemakaman dan juga ada di tempat lainnya sekarang suda ada penerangannya, sehingga tidak terlalu gelap lagi,” ujar Pemdes Remban Ruslan

Berdasarkan keterangan Azwar saat awak media minta keterangan, sebelumnya jalan  menuju dalam desa khususnya melintasi pemakaman dulu gelap,untuk sekarang sudah terang,Ucapnya rasa syukur dan Trimakasi banyak kepada anggota dewan kabupaten Muratara,juga khususnya pemdes Remban Ruslan

Kemudian,Abdullah Alis olet  mengatakan ketika jalur PLN dalam keadaan macet rumah warga sedang ada pemadaman listrik, namun berkat lampu bertenaga surya dari PJU TS jalanan tetap aman dilewati,karena ada penerangan yang cukup.

“Salah satunya dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dan juga penggunaan teknologi efisien dalam upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahan energi.

Lebih jelasnya, cara kerja PJU TS, dimana lampu mampu menyala dan redup sendiri sesuai pasokan matahari dan menggunakan “LED” dalam sinarnya, sehingga menurutnya akan lebih menghemat pemakaian energi.

“Perhitungan nilai dari lampu tersebut lebih hemat dibandingkan lampu biasa, sebab menggunakan energi dari tenaga matahari dibandingkan sebelumnya yang menggunakan listrik dari PLN,” jelas Ruslan 

Masihkatanya, berharap keberadaan PJU TS ini mampu membuat lingkungan masyarakat menjadi lebih terang sehingga menciptakan suasana kondusif dan mengurangi terjadinya tindakan kriminal.

"Harapannya lingkungan menjadi kondusif,ditambah penerangan ini menggunakan tenaga surya, sehingga ketika listrik PLN mati, lampu ini akan tetap menyala,” ujar Ruslan 

#A.Rahman
 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas