Breaking

Thursday, September 28, 2023

Nagari Langgam Sepakat Mengelar Musyawarah Rembuk Stunting Menuju Nagari Sehat


MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Pemerintah Nagari langgam Sepakat melakukan musyawarah Nagari menangani dalam rangka mengenai tentang untuk penanganan dan pencegahan  rembuk Stunting dan Intervensi percepatan penurunan angka Stunting di tersebut.acara musyawarah yang digelar di Kantor Nagari langgam. Sepakat Kecamatan Kinali. Pasaman, Barat (Pasbar), Rabu/(27/9/203).

Acara musyawarah yang hadir Pj wali nagari Langgam Sepakat Mawardi, Sekretarisnya Dori Syafrizal.dan seluruh jajarannya perangkat nagari setempat.juga turut hadir  Forkopica camat Kecamatan Kinali Saparudin S.Ag Kapolsek Kinali kepala KUA Kinali dan Kepala Dinas Pembayaran masyarakat nagari Randy Hendrawan ( DPMN) kabupaten Pasaman Barat yang diwakili oleh Septriadinata.SKM. yang membidangi penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dan pendamping PKH kecamatan Pendamping Desa. pengurus pemuda karang taruna nagari langgam Sepakat dan para peserta Undangan lainnya.

musyawarah di buka langsung oleh ketua Badan musyawarah nagari (BAMUS) Arlismanto Dt Indo Marajo. mengatakan dalam sambutanya bahwa salah satu rembuk stanting ini merupakan merupakan salah satu. rangkaian musyawarah nagari untuk penyusunan (RKP) rencana kerja pemerintah di nagari langgam Sepakat tersebut, ulasnya.

Rembuk stunting ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap Kapung yang ada di lingkungan pemerintah nagari setempat penanganan stanting. pesrta dilibatkan dalam rembuk stanting di nagari adalah yaitu kader pembangunan manusia. (KPM) kader posyandu guru paud dan serta dari  ibuk PKK juga bidan Desa, terangnya.

Menurut Arlismanto, Stunting menjadi prioritas pemerintah nagari dikarenakan masalah ini karna mempengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak. Sebab itu.program ini arus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat.terpadu.terkodinadinasi berbagi lintas sektor.mengingat Urgensi persoalan Stunting ini.maka diwajibkan bagi kita selaku pemerintah di nagari langgam Sepakat menuangkan dalam RKP dan APB.  untuk memastikan adanya program Penanganan dan  pencegahan Stunting, ulasnya.

Sementara itu dari dinas Pemberdayaan masyarakat nagari Pasbar. Septriadinata yang  membidangi penggerak Swadaya Masyarakat juga mengatakan bahwa penanganan masalah Stunting adalah amanat pemerintah pusat dan kabupaten untuk memprioritaskan untuk mempergunakan dana yang ada di salurkan kepada nagari agar bisa digunakan untuk pencegahan dan penanganan Stunting tersebut.

Tambahnya lagi, langkah  yang diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah nagari dalam merencanakan mengimplementasikan.memantau dan mengevaluasi intervensi yang terpusat  guna mengurangi angka gagal tumbuh. anak hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan Stunting menjadi salah satu Komitmen pencapaian pemerintah dalam tujuan pembangunan berlanjut, ujarnya.

#By Roni 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas