Breaking

Tuesday, August 29, 2023

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Serahkan Bantuan Seragam Sekolah


MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan bantuan seragam sekolah kepada peserta didik jenjang PAUD, SD dan SMP Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya. Acara ini dilaksanakan di SMPN 1 Sungai Rumbai, pada hari Selasa, (29/08/2023).

Acara ini dihadiri oleh Anggota Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Kepala Sekolah dan Guru PAUD, SD dan SMP se-Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Koto Besar, Kecamatan Koto Salak, Kecamatan Tiumang, Kecamatan Asam Jujuhan, peserta didik, siswa siswi kelas 1 jenjang SD dan kelas VII pada jenjang SMP.

Kata Bupati dalam sambutannya, bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2021 tentang Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan didukung dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 311/M/2022 tentang Pedoman Tata Cara Perhitungan Indeks Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM). Pada urusan pendidikan yang menjadi indikator kinerja urusan kabupaten dalam rangka meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada Satuan Pendidikan Dasar SD dan SMP serta PAUD.

Dalam mewujudkan pemenuhan SPM urusan pendidikan dan bertepatan dengan moment suka cita Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 tahun 2023 ini, yang mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pendidikan telah mengupayakan pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui pemberian bantuan biaya personil peserta didik pada satuan pendidikan PAUD, SD dan SMP negeri pada setiap kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan yakni seragam sekolah pada masing-masing jenjang, khususnya siswa siswi baru pada tahun ajaran 2023/2024. Dimana tercatat sebanyak 16 TK negeri atau Pembina, se Kabupaten Dharmasraya dengan siswa 1.150 orang yang nantinya akan menerima masing-masing satu stel seragam sekolah PAUD. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan program wajib PAUD 1 tahun seperti yang disampaikan Direktorat PAUD Kemendikbud. 

Untuk mendorong terciptanya PAUD berkualitas dan guna menindaklanjuti pesan SDG’s keempat sesuai dengan agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan. Sedangkan untuk SD dan SMP juga diberikan bantuan seragam sekolah masing-masing 2 stel, terdiri dari 1 stel seragam putih merah atau dongker dan 1 stel seragam pramuka lengkap. Sebanyak 1.421 siswa dan 1.531 siswi yang nantinya akan menerima pendistribusian seragam ke SMP negeri se kabupaten. Untuk SD sebanyak 2.349 siswa serta 2.413 siswi SD negeri se-Kabupaten Dharmasraya.

“Pada awalnya sasaran yang menerima bantuan ini hanya untuk siswa kurang mampu, namun Alhamdulillah bantuan ini bisa menyeluruh untuk seluruh siswa baru di semua jenjang pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya,” kata Bupati.

Bupati berharap semoga kegiatan yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), pada satuan pendidikan yang belum memenuhi SPM bisa teratasi. Dan dapat mewujudkan layanan pendidikan dasar terjangkau dan bermutu didaerah demi memenuhi jaminan hak pendidikan yang setara bagi seluruh warga. Peningkatan akuntabilitas dan transparansi daerah, peningkatan daya saing daerah. Dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

#Sosri/Egit 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas