Breaking

Monday, August 28, 2023

UMKM Binaan BRI RO Padang Hadir pada Festival Merah Putih HTT


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Penutupan Festival Adat Nusantara dan Bazar Merah Putih di Gedung Serbaguna Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Minggu malam (20/8/2023) berlangsung meriah. BRI RO Padang sebagai bank milik rakyat turut berperan dalam ajang bergengsi tersebut.

Regional CEO BRI Padang Moh. Harsono, dalam keterangan pers rilisnya yang diterima Senin (28/8) mengatakan bentuk dukungan BRI RO Padang dalam Festival Adat Nusantara dan Bazar Merah Putih menghadirkan UMKM binaan mereka.


Tak hanya itu, BRI RO Padang juga melakukan edukasi pembayaran melalui Qris BRI.


Festival Adat Nusantara dan Bazar Merah Putih, berlangsung selama 9 hari yang berlangsung sejak 12-20 Agustus 2023. Pada malam penutupan menghadirkan pertunjukan atraksi kesenian perpaduan kesenian HTT dengan Randai dan Gendang Tasa dari Minang. Selain itu juga penampilan flashmob dari Blizt Crew, Blizt Kids, Blizt Moms dan Blizt Teens.


Pengunjung juga dimanjakan nyanyian suara merdu dari Tari KDI. Yang paling menghebohkan penampilan ciamik dari Artis Ibu Kota Krisdayanti. Suara indah artis senior itu membius undangan dan ribuan pengunjung. Lagu berjudul Rungkad yang dibawakan Diva Indonesia itu membuat suasana malam itu pecah.


Kesuksesan tersebut ditandai hadirnya penampilan kebudayaan dan kesenian 15 etnis di Sumbar dan daerah lain di Indonesia. Selain itu juga dampak ekonomi besarnya transaksi perputaran uang selama berlangsungnya Bazar Merah Putih.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh pihak yang telah sukses menyelenggarakan festival dan bazar ini. Hadirnya event ini bagian dari kegiatan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.


Dengan hadirnya festival dan bazar memeriahkan HUT RI, menurut Mahyeldi sebagai bukti masyarakat menghargai perjuangan pejuang kemerdekaan bangsa dan negara ini. Menghargai Proklamator dan Tokoh Minang yang telah merawat bangsa dan negara ini.


“Melalui festival ini memperlihatkan bangsa dan negara ini memang memiliki perbedaan luar biasa. Nilai-nilai budaya yang dihidupkan di setiap negeri mampu menerangi seluruh nusantara. Mari kita terangi lilin kecil di pelosok negeri,” ajaknya.


Mahyeldi juga mengapresiasi hadirnya Bazar Merah Putih yang berhasil menggerakkan ekonomi di Kota Padang. Ada transaksi ekonomi yang berdampak meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Saat ini pertumbuhan ekonomi Sumbar hingga Juni di atas 5 persen, mendekati pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan capaian ini, Sumbar memberikan kontribusi positif secara nasional. Selain itu, inflasi juga terkendali. “Hingga Juni, inflasi di angka 2 persen. Mudah-mudahan bisa stabil,” terangnya.


Anggota DPRD Provinsi Sumbar yang juga Wakil Ketua HTT Padang, Albert Hendra Lukman mengatakan Festival Adat Nusantara dan Bazar Merah Putih berdampak peningkatan kunjungan wisatawan lokal dan perputaran uang yang besar. Berdasarkan pengamatan visual, pengunjung lebih ramai dibandingkan bazar tahun lalu. Jika tahun lalu kunjungan berdasarkan karcis yang terjual mencapai 20 ribu. Maka tahun ini tanpa menggunakan karcis, estimasi kunjungan mencapai 30 ribu.


Sementara, jumlah perputaran uang dari stand yang disediakan hampir mencapai Rp2 miliar. “Ada 40 stand kuliner, 40 stand promosi dan 15 stand kuliner tradisional seperti lamang tapai gorengan yang disediakan. Dengan jumlah stand ini menurut panitia, perputaran uang hampir mencapai Rp2 miliar,” terang Albert.


Regional CEO BRI RO Padang, Moh. Harsono, berharap acara serupa kembali diselenggarakan tahun 2024.


"Kami selalu siap mensupport acara-acara positif yang diselenggarakan setiap lembaga atau pun organisasi. Apalagi kegiatan yang berhubungan dengan adat nusantara dan HUT RI," pungkasnya.  


#rel/Novi 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas