Breaking

Tuesday, June 27, 2023

Dinkes Dumai Lakukan Sosialisasi Program Pokjanal Posyandu 2023


MWawasan, Dumai (RIAU)- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) menggelar kegiatan Pertemuan Koordinasi/Sosialisasi Program Kerja Pokjanal Posyandu 2023.

Acara yang dilangsungkan di Ruang Mulia II, Grand Zuri Hotel Dumai itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Politik, Fridarson, SH, M.Si, Kamis (22/6/2023).

Hadir pula dalam kesempatan ini Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini, SKM, dan 70 peserta sosialisasi yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat se-Kota Dumai, Kepala Puskesmas se-Kota Dumai, serta Petugas Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat (PM) Dinkes Dumai.

Sosialisasi ini juga diperkuat dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh para narasumber, yakni Ketua TP PKK Kota Dumai, Kepala Dinkes Dumai dalam hal ini diwakili Kabid Kesmas Dinkes Dumai, Shintia Riza dan Ketua Pokja IV PKK Dumai, drg. Hermiyati.

Kabid Kesmas Dinkes Kota Dumai, Shintia Riza dalam laporannya menerangkan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu.

"Selain itu, tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu untuk mengintensifkan pertemuan anggota pokjanal posyandu kota dengan pokjanal posyandu kecamatan, sehingga adanya kerja sama yang baik antar lintas sektor dan lintas program,"terangnya.

Dalam forum ini, Shintia berharap terjadinya persamaan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam memajukan pokjanal posyandu dan menjadi posyandu aktif dalam strata purnama dan mandiri yang ada di Kota Dumai.

Disisi lain, Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj. Leni menekankan pentingnya promotif dan preventif untuk menekan angka kesakitan serta capai keberhasilan program posyandu di Kota Dumai. 

Melalui pertemuan ini, ia meminta agar pokjanal posyandu lebih sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengoptimalkan kinerja dalam mengembangkan program posyandu, sehingga pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyarakat pada tingkat paling bawah dapat terpenuhi.

"Kami berharap pokjanal posyandu tingkat kota dengan pejabat OPD terkait dapat membangun komitmen bersama dan mensinergikan program dalam mendukung tupoksi tim pokjanal posyandu. Insyaallah jika kita bersama-sama masalah kesehatan di Kota Dumai dapat teratasi," ucapnya.

Sementara itu Staf Ahli Wali Kota Dumai Fridarson merasa bahwa sosialisasi dan koordinasi pokjanal posyandu ini penting dan sangat besar manfaatnya untuk menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendataan untuk mendukung kegiatan pembinaan posyandu.

"Pesan kami, melalui koordinasi dan sosialisasi pokjanal posyandu ini, kader-kader posyandu kita semakin terbina, keterpaduan layanan semakin optimal, didukung dengan infrastruktur penunjang yang lebih baik, sehingga pelayanan posyandu benar-benar ada pada tahap sempurna dalam menunjang Khidmat Kesehatan,"tambahnya.

#*/Muhardi.f 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas