Breaking

Saturday, May 13, 2023

Bupati Pimpin Rapat Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Hari Lansia Nasional Ke- 27 dan HUT TAGANA Ke- 19 di Kabupaten Dharmasraya

MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Tahap demi tahap persiapan dalam rangka menyambut peringatan Hari Lansia Ke-27 tingkat Nasional di Kabupaten Dharmasraya terus dilaksanakan yang akan di hadiri Menteri Sosial RI Dr. Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. atau yang akrab disapa Bu Risma dan seluruh OPD Bidang Sosial seluruh Indonesia.

Jumat 12 Mei 2023, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E, yang juga selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) memimpin langsung rapat persiapan acara akbar yang akan digelar pada 29 Mei 2023 tersebut.

Rapat tersebut di hadiri oleh Kejari, Kapolres, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Ketua LKKAM, Ketua MUI, Kepala OPD, Kabag Di Lingkup Setda, Direktur RSUD Sungai Dareh dan Sungai Rumbai, Camat Se Kabupaten Dharmasraya, Kepala Puskesmas,Wali Nagari Se Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kesempatan rapat yang berlangsung di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya itu, Bupati menekankan agar pelaksanaan acara peringatan Hari Lansia Tingkat Nasional di Dharmasraya berjalan sukses dan lancar. Maka dari itu, Bupati menegaskan kepada seluruh pihak terkait untuk benar-benar serius dalam menangani acara yang akan dilaksanakan."tegasnya "

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Martin Efendi, S.Hut, M.M Melaporkan hasil Progres yang sudah di laksanakan yaitu : *Hasil Verifikasi dan Validasi Data Lansia Kab. Dharmasraya Prelist Data Lansia berjumlah 11.451 Lansia (Di 11 Kecamatan)
*Verifikasi dan Validasi dilakukan selama 2 Hari (2 s/d 4 Mei 2023)
*Hasil yang telah di verifikasi sebanyak 6.059
*Hasil Verval Jenis Bantuan Operasi Katarak 319 Lansia di 14 Wilayah Puskesmas
*Rumah Sejahtera Terpadu (RST) Lansia yang terdaftar 55 Lansia di 11 Kecamatan
*Pemberian Bantuan Permakanan Bagi Lansia, Jumlah data Penerima 156 Orang yang tersebar di 11 Kecamatan. Syarat Penerima Program antaralain : Masuk DTKS, Usia diatas 75 Th dan tinggal sendirian/KK sendiri.
*Calon Lansia yang menerima Penghargaan Lansia Produktif dan Inspiratif 8 Orang, Tokoh Peduli/Penggiat Lansia 3 Orang, Lembaga Penggiat Lansia 4 Lembaga.

Sebagai gambaran, sebut Martin, Dalam rangka HLUN dengan agenda Verifikasi dan Validasi Data Lansia, Operasi Katarak, Bantuan Permakanan Bagi Lansia Tunggal, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan, pelayanan perekaman e-KTP Lanjut Usia, Renovasi Rumah Lanjut Usia, Program Pemberdayaan Ekonomi Lansia, Bakti Sosial TAGANA, Kampanye Sosial, Nikah Isbat Masal, Pembuatan Taman Lansia, Donor Darah, Pemberian bantuan Aksesibilitas : Kursi Roda, kacamata, Tongkat, Walker. Pemberian bantuan sandang, Nutrisi. Bantuan PKH dan Sembako Bagi Lansia, Operasi Katarak.

#Sosri/Egit

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas