Breaking

Saturday, February 4, 2023

Wako Hendri Septa Resmikan Objek Wisata Lubang Jepang di Gunung Pangilun Padang

 


MWawasan,Padang(Sumbar) ~  Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan kampung tematik wisata sejarah "Lubang Jepang" yang berada di kaki bukit Kampung Lereng RT 05 RW 02, Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo.



Peresmian salah satu destinasi wisata baru di Kota Padang itu pun ditandai dengan pemotongan pita dan penandantanganan prasasti oleh Wali Kota Padang, Sabtu (4/2/2023) pagi.


Seperti diketahui, Lubang Jepang yang memiliki panjang lebih kurang150 meter ini, merupakan bagian dari peninggalan bersejarah yang dulunya menjadi kawasan pertahanan perang masyarakat pada masa penjajahan Jepang. 

Lubang ini berfungsi sebagai jalur penghubung dan tempat persembunyian. 


"Alhamdulillah atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat menyambut baik adanya Lubang Jepang yang tidak kita kira-kira sebelumnya ada di Kelurahan Tabing Banda Gadang ini. 


Kita tentu berharap, Lubang Jepang sebagai objek wisata sejarah menjadi destinasi wisata baru di Kota Padang yang mampu memikat wisatawan," harap Wali Kota di sela peresmian. 


Wako juga mengungkapkan, dengan terus tumbuhnya objek wisata baru tentu akan menambah daya tarik wisatawan ke Kota Padang. Tak hanya itu, ekonomi warga sekitar objek wisata pun diharapkan dapat bergerak. 


"Kita berterima kasih kepada Camat dan Lurah serta elemen masyarakat setempat yang bersinergi mewujudkan objek wisata Lubang Jepang ini.


Jadi seperti inilah yang kita inginkan, yaitu bagaimana setiap kecamatan di Kota Padang memiliki kampung tematik dan pengembangan objek wisata baru," ungkap Wako.


Lebih lanjut menurut orang nomor satu di Kota Padang itu, keberadaan Lubang Jepang tersebut sejatinya sejalan dengan dua dari sebelas program unggulan (progul) Wali Kota Padang.


Baik dari melanjutkan pengembangan kawasan wisata terpadu (KWT) Gunung Padang, pulau-pulau kecil, wilayah timur Kota Padang serta membangun kampung tematik dalam pengembangan ekonomi lokal masyarakat berdasarkan potensi wilayah.


"Kita Pemko Padang sangat mendukung adanya objek wisata sejarah Lubang Jepang ini yang juga bermanfaat sebagai edukasi sejarah bagi generasi muda. Insya Allah ke depan akan kita lebih kembangkan lagi atau dibuat semenarik mungkin sehingga orang ramai datang ke sini setiap harinya," tukuknya. 


Dalam kesempatan itu juga diselingi dengan dilaunchingnya Posyandu Prima serta pelantikan pengurus Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Kelurahan Tabing Banda Gadang. 


Terlihat hadir saat itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati, Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen serta Camat Nanggalo Magdalena dan unsur Forkopimca kecamatan setempat.


Juga hadir Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Sendjaya, Kepala DPRKP Raf Indria dan Kabid Kesmas DKK Padang Depitra Wiguna serta lainnya.


#MEP/PROKOPIM

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas