Breaking

IKLAN BAWASLU



Friday, December 9, 2022

Plt. Kepala DPPKB dan OPD Muratara Ikuti Sosialisasi BKKBN Provinsi Sumatera Selatan


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Tindak lanjut kegiatan audit stunting yang diikuti dari dinas PPKB, dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Kementerian Agama Kabupaten Muratara pada 7-9/12/2022.

Yang diikuti Ketu AKS, Tim teknis dan Tim Pakar yang mengikutin evaluasi Rencana Tindak Lanjut tahunan AKS Tahun2022 yang di pandukan dengan Koordinasi Perencanaan AKS Tahun 2023 tingkat Provinsi.


PLT kepala dinas DPPKB Kabupaten Musi Rawas Utara Mugono memberikan sambutan pada kegiatan penyuluhan gizi Ibu hamil tentang pemberian MPASI kepada baduta, melaksanakan konseling mengenal pola asuh anak sesuai dengan kondisi masing-masing baduta oleh PKB/PLKB dan PJK KB dan kader TPK setiap bulan. Koordinasi dengan para OPD terkait untuk intervensi kepada sasaran AKS berperan sebagai BAAS ( bapak anak asuh stunting).

Dinas kependudukan dan catatan sipil membantu melengkapi dokumen adminduk keluarga resiko stunting karena bagi keluarga stunting yang belum memiliki data kependudukan akan sulit memperoleh program bantuan, walaupun mereka miskin dan tidak mampu.


Begitu juga Dinas sosial pemberian makanan tambahan yang sudah melekat dengan bantuan PKH (program keluarga harapan) semua sasaran audit kasus stunting dipastikan kepesertaan BPJS nya sudah aktif dan menerbitkan kartu Kiss (kurung kartu Indonesia pintar) bagi masyarakat stunting masyarakat yang untuk memberikan edukasi dan intervensi gizi pada anak resiko stunting.

Dari dinas kesehatan melakukan:
1. Pemantauan kesehatan dan tumbuh berkembang sasaran AKS melalui kegiatan posyandu dan langsung mengunjungi ke sasaran
2. Melaksanakan kelas ibu hamil dan kelas Ibu melalui program Puskesmas
3. Sosialisasi kegiatan phb terhadap keluarga beresiko stunting.


Satuan Polisi Pamong Praja menegaskan Perda kawasan bebas asap rokok di lingkungan umum dan tempat anak-anak bermain melalui kegiatan, memberikan himbauan dan sosialisasi Perda Nomor. 7 Tahun 2009 tentang kawasan bebas asap rokok kepada masyarakat, Pembentukan zat gas Kantor Dinas Kesehatan satpol PP, Kementerian Agama.

Kegiatan rutin selama ini berkolaborasi dengan dinas Kesehatan melalui peran KUA yang dikenal dengan kegiatan Biguin  (bimbingan perkawinan) kegiatan tersebut merupakan hal yang penting dalam peningkatan pengetahuan dan pengalaman para chatting sebelum mereka mengarungi rumah tangga, dengan melibatkan Dinas Kesehatan  (Puskesmas) untuk memberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang untuk mencegah kejadian stunting, dan telah melaksanakan MOU dengan dinas kesehatan dan DPPKB kota Palembang," demikian yang disampaikan oleh PLT Kepala Dinas DPPKB Muratara Mugono.

#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

"Prakiraan Cuaca Jumat 27 Januari 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas