Breaking

Saturday, December 31, 2022

Babinsa Kelurahan Tarantang Intensif Cek Saluran Irigasi


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Demi menjaga normalisasi sistem pengairan di wilayah binaan, Babinsa Kelurahan Tarantang Kecamatan Lubuk Kilangan Koramil 04/LL, Kodim 0312/Padang, Pelda Rusli secara intensif melaksanakan pengecekan saluran irigasi tepatnya di pintu air irigasi kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan. 

Seperti kita ketahui irigasi merupakan urat nadi bagi pertanian di wilayah Kelurahan Tarantang, itu artinya sistem irigasi memiliki fungsi yang sangat penting sebagai sumber pemasok air bagi persawahan disana.

Sebagai Babinsa yang memiliki tanggung jawab di setiap jengkal tanah diwilayah binaanya, melakukan pengecekan saluran irigasi, merupakan agenda rutin yang selalu di kerjakan Pelda Rusli. Ia tidak sendiri, karena warga (petani) yang dengan senang hati selalu mendampingi aparat yang sangat dihormati di Kelurahan Tarantang itu.

Pelda Rusli mengatakan  irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal pembagian air ke persawahan, dengan adanya pintu air, maka pendistribusian/droping air irigasi dapat menuju sasaran dengan lancar.

“Kami bersama petani selalu memperhatikan serta mengecek saluran irigasi yang dipenuhi rumput dan akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga, disamping itu mengecek debit air guna pengairan ke sawah agar selalu cukup”,  jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan normalisasi saluran irigasi dilakukan guna memperlancar arus saluran air ke area persawahan warga, hal ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam dan musim panen padi tidak terhambat, juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang upsus ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik, pungkas Pelda Rusli.

#Rel/Am

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas