Breaking

Sunday, November 20, 2022

Dinkes Kota Dumai Raih Penghargaan SPM Dalam Upaya dan Penanggulangan HIV-AIDS Di Provinsi Riau

Foto bersama Kepala Dinkes Kota Dumai dr. Syaiful saat menerima penghargaan atas pencapaian standar pelayanan minimal ( SPM) dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau

MWawasan, Dumai (RIAU)~ Pemko Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai telah meraih Penghargaan atas pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) HIV test dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau.

Kepala Dinkes Dumai, dr. Syaiful, MKM didampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Suriani, SKM, M.Si menerima penghargaan tersebut pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang digelar Komisi Penananggulangan Aids (KPA) Provinsi Riau di Hotel Aryaduta, Kota Pekanbaru, pada hari Kamis (17/11/2022).yang lalu ,”Alhamdulillah, pada kesempatan ini Kota Dumai mendapatkan penghargaan atas pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) HIV test dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau,” ucap Syaiful kepada tim jurnalis peliput Kominfo Dumai seusai Rakorda.

Ia menyampaikan, terima kasih atas penghargaan yang diberikan KPA Provinsi Riau. Menurutnya, penghargaan ini dapat diraih berkat kerja keras semua pihak terkait seperti Puskesmas, RSUD, KKP dan OPD yang ikut terlibat dalam penanggulangan HIV-AIDS di Kota Dumai.

“Penghargaan ini menjadi tantangan bagi kami untuk lebih serius dalam melakukan upaya penanggulangan HIV-AIDS,” ucap Syaiful.

Kemendagri telah menetapkan Permendagri nomor 100 tahun 2018, tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM), dimana di dalamnya diatur jenis pelayanan dasar untuk masyarakat, yaitu Edukasi, Tes/pemeriksaan HIV, dan Merujuk untuk pengobatan lebih lanjut.

Tiga hal tersebut harus dipastikan dibiayai secara memadai oleh Pemerintah Daerah sebagai bentuk realisasi konkrit untuk cegah HIV dan akses untuk semua, karena standar pelayanan minimum berlaku untuk semua warga negara, tanpa terkecuali.

“Ini menjadi kewajiban daerah yang diukur oleh pemerintah pusat. Sebagai kota yang terus berkembang, permasalahan HIV menjadi persoalan yang harus kita entaskan bersama,” imbuhnya.

Terakhir, Syaiful mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Dumai terus berupaya dan komit dalam mengedukasi masyarakat serta meningkatkan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kota Dumai.

Baca Juga :   Polsek Tebing Polres Karimun Berhasil Ungkap Curanmor
“Insyaallah, melalui penghargaan ini, Dinkes Dumai semakin berkomitmen dan berkontribusi terhadap penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau khususnya di Kota Dumai,” pungkasnya.                                                    

#Muhardi

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas