Breaking

Friday, September 30, 2022

Musdes Penyusunan RKPDesa Situsari Cisurupan Garut Tahun 2023 Berlangsung Tertib dan Lancar


MWawasan, Garut ( JAWA BARAT)~  Musyawarah Desa terkait Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023 dan Daftar Usulan Rencana kerja Pemerintah Desa (DU-RKPDes) Tahun Anggaran 2024 Desa Situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa - Barat. Jum'at, ( 30/9/2022 )  di Aula Balai Desa Situsari . acara yang diselenggarakan BPD ini dihadiri oleh Tim Monitoring Musdes RKPDes Kecamatan Cisurupan, Sekcam, Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua dan Anggota BPD, Ketua TP.KK Desa, Kapolsek Cisurupan beserta BhabinKamtibmas, Babinsa, Ketua LPM Desa, Bidan Desa, Pendamping Desa, KPM, RT/RW, Karang Taruna dan kelolmpok Tani.

Acara dipimpin dan dibuka  oleh Ketua BPD Desa Situsari, Uus Bustamil Aripin. Sambutannya. S.Pd dalam sambutannya Uus Bustamil Aripin.S.pd, ia menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) merupakan penjabaran  dari RPJM Desa untuk periode satu (1) tahun, yang disebut RPJM DEsa yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (periode 6 tahun). "RKP Desa menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada  Kabupaten melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah," ujarnya. 

Musdes Penyusunan RKPDesa ini dilakukan  untuk merancang kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023, "Apa yang dibututuhkan dalam pembangunan Desa disampaikan pada Musdes hari ini " harap Kepala Desa (  Kades ) Situsari. Ridwan Fauzi, SH dalam sambutannya.

Ridwan Mengatakan, untuk rencana kedepan RKPdes 2023 nanti. kami akan terfokus atau bisa di jadikan prioritas utama yaitu, jalan Trotoar desa dan Jalan usaha tani, adapun kegiatan Musdes RKPDesa yang sudah dilakukan sesuai jadwal dan rencana, terangnya. 

Dilanjutkan pemaparan RKPDes Tahun Anggaran 2023 oleh Sekretaris Desa Situsari Aris Rustandi. Menurutnya, peserta musdes bersama-sama mencermati apa-apa saja yang ada didalam RKPDesa. Dilanjutkan sesi diskusi agar dapat satu pemahaman yang hakiki, dan pemaparan RKPDesa Tahun Anggaran 2023,   Untuk usulan -usulan yang belum terealisasi pada tahun ini akan diajukan kembali di Tahun yang akan datang. 

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah Desa tentang perencanaan Desa yaitu:

Kegiatan Ketahanan Pangan dengan besaran 20 % masih di tetapkan kegiatan Penanggulangan bencana Covid-19 masih ditetapkan kegiatan Penanganan Darurat mendesak Desa ( BLT-DD) masih ditetapkan Penanganan Darurat Bencana Alam dan lainnya Masih ditetapkan kegiatan Bidang Kesehatan menjadi skala prioritas Desa Pembangunan Jalan Trotoar Desa dan Pembangunan Jalan usaha tani. 

Kegiatan- kegiatan lain berdasarkan hasil rembuk dusun berdasarkan skala prioritas.

Kegiatan-kegiatan yang tidak bisa didanai dari APBDesa tahun 2023 akan diusulkan lewat bantuan keuangan Kabupaten, Provinsi maupun dari sumber lain yang sah. Melaksanakan kegiatan lainya berdasarkan intruksi dari pemerintah.

Keputusan diambil secara musyawarah mufakat/aklamasi dan pemungutan suara/voting, dan disahkan dalam berita acara, tandanya. 

#Diky 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas