Breaking

Monday, March 28, 2022

Pemuda Marga Gunung Alip: Bangkitnya Adat Budaya yang Hampir Punah


MWawasan, Tanggamus (LAMPUNG)~ Melalui hasil musyawarah 27 punyimbang, Kebandkhan Talang Padang  marga Gunung Alip resmi melantik sekaligus kukuhkan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang Marga Gunung Alip kabupaten Tanggamus di Gedung Aula pekon setempat (desa), Senin (28/3/22).

Arak arakan (red-iringan) kesenian adat suku Lampung dari pasukan penetop embokh, pincak khakot (red-pencak silat) serta tarian pedang menyambut kegiatan yang bertujuan memeriahkan acara. 

Hadir pada kegiatan pelantikan Camat Talangpadang ( Agustam Hamied ), kepala Pekon Talangpadang ( Parizal Saleh ), Kanit Reskrim Polsek Talangpadang ( IPDA Saprianto ), Babinkamtibmas , Babinsa ( Sertu Nurmanto ),Tokoh Adat Serta Perwakilan Muli Mekhanai Sebatin Kebandkhan Talangpadang makhga (red-Marga) Gunung Alip.

Agustam Hamied, sangat menyambut baik dan mensuport kegiatan pelantikan, sekaligus pengukuhan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang dan Gunung Alip.

" Pada Hari ini Minggu 27 Maret 2022, kita sama saksikan dan hadiri pelantikan sekaligus pengukuhan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang, tentunya kami sebagai pemerintahan kecamatan sangat mendukung dengan di Lantik nya ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang ini ", tuturnya

Ia pun menambahkan, bahwa dirinya berharap dengan dilantiknya ketua dan wakil ketua Muli Mekhanai dapat membangkitkan kembali Adat Istiadat yang selama ini hampir punah. Sekaligus pula dengan dilantiknya ketua Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang makhga Gunung Alip diharapkan bisa menjadi cikal-bakal kembalinya semangat Anak - Anak muda hidupkan senibudaya yang hampir hilang. 

" Semoga dengan di kukuhkan nya ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang, dapat menghidupkan kembali Adat Istiadat yang selama ini sudah hampir punah ", harap Agustam.

Senada, kepala pekon Talangpadang Parizal Saleh SE, Menuturkan bahwa ini adalah kegiatan Adat Lampung, khusus nya pesisir Kebandkhan Talangpadang Makhga Gunung Alip. Dimana sudah hampir sepuluh tahun vakum, dan hari ini melalui 27 punyimbang maka dipilih bujang enton dan Muli enton (Muli Mekhanai). 

" Kegiatan ini adalah kegiatan Adat Lampung, khusus nya Lampung Pesisir yang sudah hampir sepuluh tahun vakum, Alhamdulillah melalui 27 punyimbang dari dua kecamatan, kecamatan Talangpadang dan Gunung Alip, maka didapatkan Ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang, yang harapannya dapat memulihkan dan memajukan kembali Adat Istiadat Lampung khususnya Lampung pesisir ", kata kepala pekon Talangpadang ini.

Dari hasil pelantikan dan pengukuhan Muli Mekhanai Kebandkhan Talangpadang  hari ini sekaligus pemberian Gelar atau Adok : 1, kebandakhan : Tama Saputra dan Sifta Aina,   2, Tawok Bandakh ( wakil 1) : Rendi Tri Renaldi, Indri Putri Sia.  3, bangkok bandakh ( wakil 2) : Rifky Hidayat, Salsabila Sonia. 

#Jen

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas