Breaking

Wednesday, February 2, 2022

Tim SAR Tanggamus Latihan Penyelamatan di Ketinggian


MWawasan, Tanggamus (LAMPUNG)~ Tim gabungan Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia (APGI) laksanakan latihan penyelamatan di tempat ketinggian (Tebing) berlokasi Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur Kabupaten Tanggamus, Rabu (02/02/22).

Latihan bersama diketinggian atau panjat tebing bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tim Search And Rescuer/SAR (Pertolongan dan Penyelamatan) baik itu Basarnas, BPBD, RAPI serta organisasi lainnya. Ini disampaikan Koordinator Pos SAR Kabupaten Tanggamus Hendra Wahyu Putra. 

"Selain latihan bersama, ini juga sebagai ajang silaturahmi tim yang biasa melakukan evakuasi dan penyelamatan terhadap korban bencana," kata Hendra.

Hendra mengungkapkan, dipilihnya latihan di ketinggian atau panjat tebing sebab garis kontur (keadaan wilayah) Kabupaten Tanggamus adalah pegunungan.

"Sehingga kami melakukan latihan di ketinggian, atau panjat tebing ini untuk penyelamatan atau evakuasi korban yang berada di ketinggian," ungkapnya.

Selanjutnya Hendra menjelaskan, latihan penyelamatan akan dilakukan berkesinambungan mengikuti program dari Basarnas, dengan agenda yang berbeda.

"Agendanya bulan depan akan diadakan latihan pertolongan di air (perairan), lalu bulan berikutnya akan dilakukan latihan pertolongan Medis. Latihan berkesinambungan sesuai program kerja Basarnas Tanggamus," jelasnya. 

#Jen

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas