Breaking

Saturday, January 29, 2022

Puluhan Warga Ikuti Layanan Gratis Operasi Katarak di RSUD Pulang Pisau


MWawasan, Pulang Pisau (KALTENG)~ Dalam rangka Peringatan Hari Penglihatan Sedunia, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), Dinkes Kabupaten Pulang Pisau, Klinik Mata Tambun Bungai dan RSUD Pulang Pisau serta Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau, menggelar Bakti Sosial Operasi Katarak untuk warga masyarakat  Pulang Pisau, Sabtu (29/01/22).

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau dan diikuti sebanyak 80 (Delapan puluh) orang penderita penyakit katarak yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti layanan Operasi Katarak ini. 

Adapun masyarakat yang mengikuti Operasi Katarak tersebut terdiri dari warga masyarakat yang berasal dari berbagai daerah kecamatan dan desa di kabupaten setempat.

Kegiatan yang bertemakan : "Mata Sehat Indonesia Maju" yang merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Penglihatan Sedunia itu dihadiri langsung oleh Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, didampingi Dirut RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, Wakil Ketua I DPRD Pulang Pisau, H. Ahmad Fadli Rahman dan Plt Kadinkes Pulang Pisau, drg Sopiyah.

Pada kesempatannya, Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang  menyampaikan ucapan terima kasihnya dan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak ini.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Pulang Pisau dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Operasi Katarak untuk Wilayah Kabupaten Pulang Pisau", ucap Taty sapaan akrab orang nomor 1 di Bumi yang berjuluk Handep Hapakat ini, dalam sambutannya.

Taty berharap, kegiatan ini dapat terus dilanjutkan agar lebih banyak lagi masyarakat kita yang peduli akan kesehatannya dapat terbantu melalui kegiatan semacam ini.

"Kiranya hal ini dapat terus berlanjut sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang sehat." Ujar Bupati Pulang Pisau berharap.

Sementara, Dirut BLUD RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo MHlth Sc mengatakan, proses operasi katarak ini dilakukan oleh para dokter-dokter yang ahli di bidangnya dan menggunakan peralatan yang  sangat canggih.

"dokter yang menangani operasi katarak ini merupakan dokter yang sudah berpengalaman dan memang ahli di bidangnya. Ada dokter dari Jakarta, Bandung, Palangka Raya dan Banjarmasin." kata dr Mul sapaan akrab Dirut RSUD Pulang Pisau, ketika dikonfirmasi awak media. 

dr Mul menambahkan, selain dilakukan oleh dokter ahli, tehnik dan peralatan dalam Operasi Katarak ini sudah menggunakan peralatan yang sangat canggih, sehingga tidak memerlukan waktu lama lagi untuk melakukan operasinya.

"Dengan tehnik dan peralatan canggih yang digunakan dalam melakukan operasi ini, hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja, dan tehnik ini telah digunakan pada klinik klinik mata yang standar, dengan biaya yang cukup besar bisa mencapai Rp 15 jutaan." Terang dr Mul.

Dikatakan dr Mul, Operasi Katarak gratis ini tentu sangat membantu masyarakat dan dapat berimplikasi terhadap peningkatan ekonomi keluarga, "Mata ini kan jendela dunia, masyarakat yang matanya sehat akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi keluarga, bahkan para dokter menghitung kesehatan mata dapat menyelamatkan ekonomi masyarakat sebesar 4 triliun, ini luar biasa". Katanya.

 #Alp

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas