Breaking

Friday, January 28, 2022

Desa Mantaren II akan Dijadikan Kampung Budidaya Perikanan

MWawasan, Pulang Pisau (KALTENG)~ Dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat,  Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Perikanan akan mengembangkan program Kampung Budi Daya Perikanan yang salah satunya dipusatkan di Desa Mentaren Rei. VII Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.


Hal ini disampaikan Bupati Pulang Pisau Pudji Rustaty Narang saat mengunjungi salah satu kelompok Budi Daya Perikanan yang ada di kawasan tersebut, Rabu (26/01/22).


Menurut Rustaty narang sektor perikanan, kehutanan, dan pertanian memberikan konstribusi terbesar terhadap Product Domestic Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Pulang Pisau yaitu sebesar 36,43%.


“Saya menyambut baik atas upaya kreatif yang dilakukan oleh Dinas Perikanan  dan saya harapkan program ini dapat berkelanjutan termasuk dalam membantu pembinaan dan kemudahan dalam pemasaran hasil produksi", ungkapnya.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau Ir. Riduan Syahrani mengatakan bahwa kawasan Kampung Budidaya Perikanan yang berada di Rei VII ini sudah terbentuk  3 (tiga) kelompok dan sudah ada 90 kolam ikan yang budidayanya terdiri dari ikan patin, pepuyu dan nila. Pada tahun anggaran 2022 akan ditambah 23 kolam.


Masih menurut Riduan Syahrani, untuk hasil produksi saat ini berada pada kisaran 1,3 sampai dengan 1,6 ton perhari dengan target pemasaran melayani Kota Palangkaraya dan Sampit.


“Kuta akan terus lakukan pembinaan dan upaya peningkatan budidaya perikanan mengingat market share jenis ikan tawar yang diproduksi sangat konsumsif dibutuhkan masyarakat baik di kabupaten Pulang Pisau maupun kabupaten lainnya, ungkapnya.


#RD

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas