Breaking

Wednesday, October 27, 2021

Datuk H. Muhammad Yunus Resmi Dinobatkan Menjadi Radja Airtiris Melayu Kampar

MWawasan, PEKANBARU~ Penobatan Datuk H. Muhammad Yunus Datuk Sultan Batuah  sebagai Pemangku Radja Airtiris Melayu Kampar, dihadiri perwakilan raja sultan se-nusantara dan dinobatkan oleh Datuk Niniok Mamak 12 Kenagarian Airtiris di Ruang balai Rung seri RM Pondok Patin HM Yunus di Jalan Simpang Tiga Pekanbaru-Riau,  Selasa (26/10/2021).


Adapun  raja sultan  dan Perwakilan senusantara yang hadir di antaranya adalah Sultan  Aceh Muhammad (Pertama) Zumadillah Nurukaya Al - Haj, Raja Besar Gorontalo Dato' MST Sheikh Rudy Wahab Al-Haj,  Perwakilan Raja Gunung Sahilan Ke  XII, Tuan Guru, DS DR (HC)  Mudawali Bin Jahat Suud, Datuk 50 DR H M Jusuf SH MH, Datuk 50 H. Azhari  ST, Datuk Ustadz Syafrizal bin usman,  Pangeran Hermansyah Yamat, Niniok Mamak dari 12 Kenagarian Airtiris.


Pengambilan Sumpah Dan Penobatan Raja  Airtiris Melayu Kampar langsung dinobatkan oleh Niniok Mamak dari 12 Kenagarian Airtiris yang diwakili oleh Mohd. Yatim  Dt. Paduko Jalelo, setelah Pengambilan Sumpah dan Penobatan, Radja Muhammad Yunus Abdullah Rahmadsyah Al - HAJ resmi menjadi Duli Yang Mulia Pemangku Radja Airtiris Melayu Kampar dengan Menduduki Kursi Singgasana dan Diantarkan Oleh Datuk-datuk Niniok Mamak XII Kenegerian Airtiris.


Setelah itu dilakukan Prosesi Tepung Tawar, dimana raja sultan  dan Perwakilan senusantara dan Datuk-datuk Niniok Mamak XII Kenegerian Airtiris memberikan restu Melaui Tepung Tawar, Kemudian Pemberian penyematan pin tanda kehormatan " Raja - Raja/ Sultan, perangkat kerajaan dan tamu kehormatan.


Ketua Panitia Pelaksana Penobatan Diraja Airtiris  Melayu Kampar, H. Muhammad Ali S. Ag M. Pdi jelaskan  Kegiatan Penobatan Berjalan dengan baik dan lancar, "Alhamdulillah Hari ini  Acara Penobatan Diraja Airtiris Melayu Kampar dan Pengambilan  Sumpah Berjalan Seperti Yang diharapkan, Raja/ Sultan dan Perwakilan dari Nusantara Turut Hadir dalam acara, Para Tamu Kehormatan Juga datang serta dihadiri juga Oleh Para Punggawa Melayu Riau, Anggota Dewan Kampar serta  Tamu yang tak bisa disebutkan  namanya satu Persatu", ujarnya.


"Kita Berharap dengan Adanya Penobatan dan Pengambilan Sumpah  membuat Kekuatan Adat Diraja Air Tiris Melayu Kampar sebagai simbol momentum Majunya rakyat Kampar khususnya dalam mengelola berbagai bidang demi menyongsong kehidupan Melayu yang sejahtera serta  terwujudnya  Majelis Adat Diraja Air Tiris Melayu Kampar di Bumi Melayu Lancang Kuning yang tetap berpegang teguh pada tali sejarah dan Agama serta kehadiran kerajaan ini adalah untuk  menata kembali fungsi adat dan eksistensinya ditengah masyarakat adat serta meningkatkan nilai adab dan akhlak",  Tutup Muhammad Ali yang juga menjabat sebagai  Datuk Dewan Menteri Perangkat Diradja.


#DIEN PUGA 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas