Breaking

Wednesday, September 1, 2021

Serius Kelola Pariwisata, Pemko Padang Berikan Pelatihan Pokdarwis dan Pelaku Ekraf


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Pemerintah Kota Padang semakin serius melakukan peningkatan pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf). Selain membina para pelaku usaha ekraf, juga memberikan pelatihan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk peningkatan kapasitas.


"Peningkatan kapasitas pengelola objek wisata atau pokdarwis sudah merupakan keharusan, hal itu membuktikan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata, " kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang, Andi Amir. Pejabat yang juga ahli komukasi publik itu didapuk selaku narasumber dalam pelatihan Pokdarwis di Hotel Kryad Bumiminang,  Selasa(31/8).


"Kelompok sadar wisata menjadi motivator dan komunikator masyarakat untuk selalu mensukseskan sapta pesona, dengan aman, tertib bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan  guna mendukung kunjungan wisata, " paparnya. 


Menurut Andi, membangun Pariwisata tidak lepas dari peran, dukungan dan sinergi dari semua stakeholder. Melalui Pokdarwis diharapkan ada inovasi  pariwisata menggandengkan konsep ekonomi kreatif dan kearifan lokal. 


Disi lain, lanjut Andi, ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata masih belum dapat diimplementasikan secara optimal. Banyak Pokdarwis bermunculan namun hanya sebagian yang berhasil. 


"Sebagian pokdarwis yang muncul, sanggup mendatangkan wisatawan secara berkala dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya, " lanjutnya. 


Andi menambahkan, Kelemahan terbesar adalah minimnya upaya promosi dan tidak sinkron dengan sub sektor ekonomi kreatif seperti kriya, kuliner, seni pertunjukan dan fashion.


"Wisatawan hanya sekedar datang dan pulang tanpa membawa sesuatu untuk dikenang. Untuk itu diharapkan kepada Pokdarwis bisa mewujudkan desa wisata dan disinergikan dengan pengembangan ekonomi kreatif dengan kearifan lokal, " tandasnya. 


Adapun pelatihan pengelolaan pokdarwis ini sebelumnya dibuka Walikota Padang Hendri Septa. Dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang. Pada pelatihan ini, menghadirkan narasumber yang kompeten dari perguruan tinggi dan pelaku usaha pariwisata.


#rel/Buya

No comments:

Post a Comment

"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas