Breaking

Thursday, September 2, 2021

Kelurahan Mekar Sari Dumai Selatan Mendapat Bantuan Pembangunan Rumah Produksi Pupuk Kompos

MWawasan, Dumai (RIAU)~ Pembangunan rumah produksi pupuk kompos yang berada di RT.06 kelurahan mekar Sari kecamatan Dumai Selatan merupakan salah satu program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dari kementrian PUPR Direktorat Jendral Cipta Karya saat ini sedang dikerjakan oleh pelaksana proyek.


Selain pembangunan rumah produksi pupuk kompos juga bersamaan dibangun yaitu sumur bor,saptictank dan rehab jalan sesuai dengan plank proyek sebagai berikut : Nama BKM mekar sari mandiri, sumber dana BPM APBN T.A 2021 senilai Rp.495 juta ditambah dana swadaya rp.10 juta,dengan masa kerja 100 hari kalender mulai 21 Juni 2021 s/d 28 September 2021,pelaksananya KSM Teladan dengan jumlah tenaga kerja nya 20 orang.


koordinator KSM Ilham Amin Bongsu di temui wartawan saat peninjauan tim Kotaku ke lokasi pekerjaan pada 2/9/2021 menjelaskan Pembangunan rumah produksi pupuk kompos ini bahan bakunya khusus dari kotoran hewan seperti kotoran sapi,ayam,kambing lalu kita daur ulang menjadi pupuk kompos dan kita produksi untuk di jual ke masyarakat petani.


Namun untuk mewujudkan semua ini seperti yang kita lihat sekarang ini,tidaklah seperti membalikan telapak tangan,tentunya tak lepas dari perjuangan yang sangat panjang yang mana rumah produksi pupuk kompos ini lahan lokasi tanahnya sudah saya hibahkan untuk dimanfaatkan  Pemda.


Selain itu mengenai bahan bakunya kita peroleh dari kotoran hewan kita daur ulang menjadi pupuk kompos, hal ini sudah sejak dulunya ada dan kita jalankan disini yaitu  dengan sistim tenaga manual yang di kelola bersama oleh kelompok petani dan ternak mandiri, sehingga sejak tahun 2015 yang lalu kita sudah wacanakan dan rencanakan untuk membangun rumah produksi pupuk kompos kotoran hewan dan kita buat surat usulan proposal ke Kotaku, akhirnya terealisasi dan kita mendapat respon angin segar  


Walikota Dumai H. Faisal, SKM, Mars turut mendukung pembangunan rumah produksi pupuk kompos ini yang saat ini sedang berlangsung kita bangun tanpa ada proses tender, yang  kita kerjakan sistim swadaya dan swakelola mandiri bersama dengan dana yang ada kita bangun.


Mudah- mudahan dengan adanya rumah produksi pupuk kompos kotoran hewan ini bisa dimanfaatkan masyarakat petani dengan baik dan berjalan sukses. Selain itu juga sekurang- kurangnya disini dapat  membantu mempekerjakan pemuda tempatan dan mengurangi pengangguran.


Bahkan usaha ini juga adalah usaha bersama kelompok tani dan ternak, sementara ini yang dibangun cuman bantuan rumah produksi pupuk kompos untuk penunjang produksi tersebut masih dibutuhkan peralatan penunjang, ujar Ilham.


Hal senada di sampaikan Tim Kotaku Ngesti kepada media ini saat melakukan peninjauanya kelokasi pembangunan rumah produksi pupuk kompos mengatakan pelaksanaan pembangunan rumah produksi pupuk kompos ini merupakan program Kotaku dari Kementrian PUPR Cipta Karya yang pelaksanaannya tidak melalui proses tender, dikerjakan dengan sistim swakelola dan swadaya mandiri, ucapnya kepada wawasan.com.


#Muhardi 

No comments:

Post a Comment

"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas